Kementerian Pertanian mengadakan rapat Monitoring proyek IPDMIP. Apakah IPDMIP itu?

Hai Sobat Langit... berita terbaru hari ini datang dari Kementerian Pertanian menyangkut IPDMIP,

Kementan dan IPDMIP
Rapat monitoring IPDMIP (Sumber: suarakarya)

    Kementerian pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menggelar rapat monitoring dan evaluasi proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) Pada Minggu (26/7/2020). Kementan meminta IPDMIP bergerak cepat menjelang akhir Juli 2020. 

Dilansir dari media Akurat.co Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan memberikan perhatian serius untuk program IPDMIP. Sebab salah satu juannya adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan . “Peningkatan Ketahanan pangan sangat penting dalam kondisi saat ini, dan melalui kegiatan IPDMIP, kita ingin ketahanan pangan semakin meningkat. sehingga Indonesia bisa mandiri pangan, selain itu pendapatan masyarakat pedesaan di Indonesia bisa turut meningkat” ungkapnya

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi, menyatakan  jika IPDMIP juga berupaya untuk meningkatkan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.  Dedi Nursyamsi menegaskan “Salah satu aspek terpenting dalam pertanian adalah ketersediaan air. Lewat IPDMIP, produktivitas dan nilai pertanian akan ditingkatkan dengan cara irigasi berkelanjutan. Agar tidak ada kendala teknis di lapangan, kita berharap para konsultan IPDMIP harus segera ke lapnagan untuk mengetahui bagaimana kondisi lokasi”. 

Dilansir juga dari media SuaraKarya bahwa Kepala Pusat penyuluhan BPPSDMP Kementan Leli Nuryati mengingatkan jika saat ini telah memasuki minggu terakhir di bulan juli 2020, artinya konsultan on grating dan konsultan regional sudah hampir sebulan di lokasi. Menurutnya, diakhir Juli nanti akan dilakukan evaluasi kembali dan semua harus berlari untuk cek lokasi daerah irigasi (DI) untuk memastikan apakah di sana ada aktivitas atau tidak. Masing-masing tim pun harus mengecek dan berkoordinasi melalui vicon dalam minggu ini. “Kita ingin megetahui sejauh mana rencana kerja yang sudah dibuat di masing-masing regional. Kami berharap masing-masing penanggung jawab mengecek apakah kegiatan tersebut sesuai. Laporkan, DPA masing-masing, TOR dan RAB untuk 2020 dan lainnya,” katanya.

lalu sudah taukah sobat langit tentang IPDMIP? 

ipdmip adalah
Pengertian IPDMIP (Sumber: ipdmip.org)

Sejak tahun 2014 Ditjen SDA dengan bantuan dana/hibah dari Asian Development Bank (ADB) dan The International Fund for Agricultural Development (IFAD) telah menyusun program IPDMIP, dengan fokus pada peningkatan produktivitas pertanian beririgasi meliputi sekitar 1.800 daerah irigasi dengan luas lebih kurang 330.000 ha berlokasi di 16 provinsi dan 74 kabupaten. (BPPDSMP, KEMENTAN).

Lalu, berdasarkan informasi dari web resmi ipdmip, Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah dibidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. program ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia.
Kegiatan IPDMIP melibatkan pemerintah pusat melalui: kementerian pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian perencanaan pembangunan nasional, kementerian dalam negeri, dan kementerian pertanian. serta melibatkan balai besar wilayah sungai dan dinas-dinas terkait pemerintahan provinsi maupun kabupaten/kota yang menjadi lokasi kegiatan IPDMIP. 

Cakupan wilayah program IPDMIP adalah di 74 Kabupaten di dalam 16 provinsi di Indonesia, untuk periode tahun 2017 – 2022. Total anggaran program ini diperkirakan sebesar Rp. 22 triliun (USD 1,679 juta) yang bersumber dari pemerintah indonesia (APBN dan APBD) diperkirakan sebesar Rp 14 triliun (USD 1,079 juta) dan sisanya sebesar Rp 8 triliyiun (USD 600 juta) diperoleh dari sumber lainnya. Cakupan program IPDMIP adalah mendukung upaya penguatan kapasitas kelembagaan SDA, pengelola irigasi dan kapasitas pemerintah dalam melaksanakan operasi dan pemeliharaan serta pengelolaan sistem irigasi.

Jadi, seperti itu sobat langit. Semoga program ini berjalan sesuai rencana yah sobat sesuai harapan kementerian pertanian dan tentunya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia..

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Kementerian Pertanian mengadakan rapat Monitoring proyek IPDMIP. Apakah IPDMIP itu?"