Manfaat Si Pahit Pare, untuk Kesehatan hingga kecantikan

    Sayuran yang satu ini memiliki banyak penggemar sekaligus pembenci nih sobat, rasanya pahit dan bentuk fisiknya pun tidak halus, itu adalah Peria atau biasa disebut pare. 
Bagi sobat langit yang tidak menyukai sayur satu ini, jangan sampai terlalu membenci dan tidak mau memakannya yah, karena ternyata Pare memiliki banyak manfaat dibalik rasa pahitnya itu. 
ingin tau apa aja? yuk baca sampai selesai

Efek samping konsumsi pare
Pare si pahit yang memiliki banyak manfaat. (Sumber: hallosehat)


Manfaat Pare Untuk Kesehatan 

    Dikutip dari media Hallosehat, Pare mengandung berbagai vitamin,  seperti: Vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu Pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol dan flavonoid. Nutrisi yang cukup banyak itu menjadikan pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Tubuh.

1. Mengendalikan Gula Darah
    Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Karena sifat ini pare dapat membantu menurunkan gula darah. Konsumsi Pare dapat membantu sel-sel anda mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah. Namun, pare bukanlah perawatan atau obat yang cocok untuk orang penderita diabetes.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Pare mengandung antiokidan yang berlimpah, salahsatunya Vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh, menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.
3. Menjaga Kesehatan mata
    Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang mapu meningkatkan kesehatan mata. sehingga, manfaat pare dapat meningkatkan penglihatan terutama pada malam hari  serta memperlambat degenerai makula, senyawa ini dapat menghilangkan radikal beba dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.
4. Meredakan asma
    Pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondii pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam. 
Pare memiliki Sifat antihistamin, anti-inflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang cukup ideal untuk menjaga kesehatan pernapasan
5. Mengobati masalah kulit
    Senyawa antifungi, antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.
Pengobatan tradisional tiongkok telah menggunakan pare sebagai pengobatan untuk masalah kulit.
6. Membantu mengobati HIV dan Herpes
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan antivirus dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simplek Virus-1 (HIV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik.
7. Meningkatkan kesehatan Pencernaan
    Meskipun pare termasuk sayur yang rendah kalori, tapi buah ini kaya serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan membantu pencernaan yang baik, gerakan peristaltik makanan dan limbahnya yang lancar melalui sistem pencernaan, mencegah sembelit.
8. Meningkatkan kesehatan Tulang
    Pare juga mengandung Vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi resiko patah tulang.

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Manfaat lain dari Pare selain untuk kesehatan tubuh adalah untuk kecantikan. Dikutip dari media Beauty Secret dan Parenting Orami, manfaat pare untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Menjadikan Kulit Bercahaya
    Pare memiliki zat antioksidan yang kuat. Vitamin A dan C yang ada didalamnya mampu nencegah penuaan kulit damn juga mengurangi keriput. Ketika racun dikeluarkan dari tubuh, jerawat berkurang dan kulit terjaga dari paparan sinar UV. Maka kulitpun menjadi lebih bersinar.
2. Mengobati jerawat dan infeksi kulit
    Pare dapat mengobati jerawat dan infeksi kulit lainnya, karena sifat anti inflamasinya. 
3. Membantu meningkatkan produktivitas kolagen dan anti penuaan
    Vitamin C memang dianggap sebagai bahan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Salah satu nya adalah dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen juga berperan secara kursial dalam menjaga keremajaan sel-sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini
4. Menghindari kulit dari kekusaman
    Pare juga dikenal akan kemampuannya dalam membersihkan darah. Pasalnya, pare memiliki kandungan senyawa yang membantu glukosa untuk disebar ke sel-sel tubuh, alhasil kulitpun dapat terhindar dari kekusaman. Laju glukosa dalam darah lancar sehingga dapat mencegah munculnya darah kotor.
5. Memudarkan Flek hitam secara perlahan
    Tak hanya jerawat pada wajah, Pare juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat secara perlahan, bahkan flek-flek hitam akibat gejala penuaan.  Semua itu dilakukan dengan cara mengkonsumsinya sebagai jus dan sayur, lalu diikuti dengan mengoleskannya ke wajah sebagai masker. 
6. Bermanfaat untuk rambut
    Selain untuk wajah, pare juga dapat bermanfaat untuk rambut  agar lebih berkilau, mencegah kerontokan rambut,  dan mengurangi kelebihan minyak pada rambut. Pengaplikasian Pare untuk rambut dapat dilakukan dengan membuatnya menjadi jus dan dioleskan kerambut kemudian didiamkan selama 30 menit dan bilas rambut dengan air. Sedangkan untuk mengurangi kelebihan minyak pada rambut dapat dilakukan dengan mencampurkan pare dengan cuka apel.

Efek Samping memakan Pare

Selain memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi pare juga memiliki efek samping nih sobat. Melansir dari media Stylecraze, berikut efek samping dari mengkonsumsi pare:

1. Memicu Kontraksi
    Pare dipercaya dapat memicu kontraksi, oleh karena itu memakan pare kurang dianjurkan untuk wanita hamil karena dapat merangsang rahim dan menyebabkan persalinan prematur. Wanita menyusui juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, yang terbaik untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi pare.
2. Mengganggu Kinerja Obat
    Mengkonsumsi pare bersamaan dengan obat-obatan dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah yang sangat rendah. Oleh karena itu orang penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi pare.
3. Membuat irama jantung tidak teratur
    Ketika Irama jantung menjadi tidak teratur itu mengarah ke penggabungan darah di satu sisi jantung. Ini dapat menyebabkan trombosit membentuk gumpalan sehingga menyebabkan strok atau serangan jantung. Berdasarkan penelitian, seorang laki-laki mengalami gejala terkait ketika meminum jus pare.
4. Menyebabkan Koma hipoglikemik
    Koma hipoglikemik adalah bentuk koma yang disebabkan karena dosis insulin berlebihan yang disuntikkan, sehingga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang parah.  Sebuah penelitian melaporkan kasus yang menunjukkan timbulnya koma hipoglikemik dan dimulainya fibrilasi atrium (irama jantung abnormal) karena asupan pare.

    Jadi seperti itu sobat, tentang beberapa manfaat pare untuk kesehatan badan, kecantikan kulit serta efek atau bahaya yang ditimbulkan karena mengkonsumsi pare. Segala sesuatu memang dianjurkan untuk dikonsumsi sewajarnya saja,  jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh.

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Manfaat Si Pahit Pare, untuk Kesehatan hingga kecantikan"