Mengenal Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman

Hai Sobat Langit.. 
Sudah taukah sobat bahwa Tumbuhan dan Tanaman itu memiliki perbedaan? yuk cek penjelasannya sobat.. ☺

    Tumbuhan dan Tanaman perlu diketahui tidak hanya untuk orang pertanian saja, karena banyak orang yang masih sering keliru tentang keduanya. Sekilas memang tidak ada yang berbeda dan sebagian orang menganggap istilah itu bermakna sama, namun sebenarnya kedua hal tersebut keadannya berbeda meskipun memiliki kesamaan loh. Keduanya adalah sama-sama dari jenis Flora. 

Pengertian Tumbuhan dan Tanaman

Pohon Hutan
Contoh Tumbuhan (sumber: Pixabay)

Tumbuhan berasal dari Kingdom Plantae. Jika kita lihat dari pengertiannya, Tumbuhan adalah flora yang tumbuh dan berkembang secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Biasanya tumbuhan banyak dijumpai di alam bebas, jumlah spesies tumbuhan yang ditemukan sekitar 390.800 spesies pada tahun 2009 dan pada tahun 2016 diperkirakan berjumlah 391.000 spesies di dunia. Tumbuhan sebagian besar berwarna hijau meskipun ada juga yang berwarna lain, yang mempengaruhi flora berwarna hijau adalah kandungan klorofilnya. 

sedangkan Tanaman adalah organisme yang dalam pertumbuhan dan perkembangannya ada campur tangan manusia. Tanaman juga termasuk tumbuhan, namun tumbuhan yang sengaja dibudidayakan pada suatu media untuk diambil nilai ekonominya.

Berdasarkan pengertian tumbuhan dan tanaman terlihat perbedaannya, diantaranya yaitu:
  1. Tumbuhan itu flora secara luas meliputi tanaman juga, artinya semua tanaman adalah tumbuhan namun tidak semua tumbuhan adalah tanaman.
  2. Tumbuhan hidup tanpa dibudidayakan sedangkan Tanaman hidup dengan cara dibudidayakan.
  3. Tanaman biasanya banyak diambil manfaatnya atau nilai ekonominya sedangkan tumbuhan di alam bebas tidak banyak diambil manfaatnya (sebagian besar tidak memiliki nilai ekonomi).
  4. Tumbuhan hidup di alam bebas dan Tanaman hidup dibudidayakan pada suatu ruang atau media. 
Jenis-Jenis Tumbuhan dan Tanaman

Setelah mengetahui perbedaan secara pengertian, maka perlu diketahui juga perbedaan jenis tumbuhan dan tanaman. Tumbuhan secara umum ada 2 macam berdasarkan lingkungan hidupnya yaitu Tumbuhan Hidrofit dan tumbuhan Xerofit. 
  • Tumbuhan Hidrofit adalah tumbuhan air atau tumbuhan yang sudah menyesuaikan diri dengan lingkungan perairan bahkan ada yang seluruh bagiannya terbenam air.
  • Tumbuhan Xerofit adalah tumbuhan yang beradaptasi dengan lingkungan kering, sehingga dapat hidup pada saat kekeringan atau cuaca panas.
Jenis Tumbuhan biasanya dibagi berdasarkan beberapa kategori, diantaranya yaitu:
  1. Tumbuhan Berbiji
  2. Tumbuhan Paku-pakuan
  3. Tumbuhan Lumut
  4. Tumbuhan berpembuluh
  5. Tumbuhan berbunga
  6. Tumbuhan jenis Alga 
Jenis Tanaman biasanya dibedakan sebagai berikut:
  1. Tanaman Pangan (Biji-bijian, serelia, umbi-umbian). Contoh tanaman pangan adalah padi, gandum, jagung, kedelai, ubi, singkong dll.
  2. Tanaman Hortikultura (Sayur, buah, bunga, jamur, rempah dan obat). Contoh tanaman hortikultura adalah cabai, bawang merah, pakcoy, bunga mawar, buah anggur, kunyit, jahe, dll.
  3. Tanaman Perkebunan (Tanaman tahunan yang dapat diambil kayu atau buahnya). Contoh tanaman perkebunan adalah sawit, kapas, jati, dll.
Tanaman Jeruk
Contoh Tanaman. (Sumber: Pixabay)

    Tumbuhan maupun tanaman sering sekali kita jumpai disekitar kita. Tumbuhan banyak hidup di alam bebas bahkan ada yang mengganggu tanaman budidaya. Namun terlepas dari itu tumbuhan juga memiliki banyak manfaat seperti yang ada di hutan bisa sebagai penyeimbang kehidupan ekosistem di alam, paru-paru dunia, dan masih banyak manfaat lainnya meskipun terkadang tidak dimanfaatkan untuk diambil nilai ekonominya. 


Sumber:
Arthur D Chapman. 2009. Numbers of Living Species in Australia and the World. 2nd edition. Australian Government, Department of the Environment, Water, Heritage and the Arts. Canberra, Australia
Wahyuni, S., Dkk . 2019. Anatomi Fisiologi Tumbuhan. UMM Press, Malang.
Atabasahona.com
Currentresult.com
Gudangbibitku.com
News.Mongabay.com

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Mengenal Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman"