Cara Mengempukkan daging sapi dan kambing

    Hai sobat langit, pada saat momen idul adha atau momen tertentu pasti ada sebagian dari sobat yang memasak daging kan? baik itu untuk diolah menjadi rendang, balado, semur dan lainnya. Akan tetapi sering sekali kita kesulitan untuk mencari cara agar daging yang kita masak empuk atau tidak alot. Nah tapi tenang aja sobat, Mike kasih berbagai alternatif cara nih untuk mengempukkan daging, dari bahan yang mudah ditemukan sampai bahan yang bisa sobat beli di pasar. 

Yuk simak apa saja dan bagaimana caranya...

CARA MENGEMPUKKAN DAGING SAPI KAMBING
Macam cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging (dok.Hipwe)

Cara membuat daging empuk 

Di Kutip dari media Kompas, begini cara mengempukkan daging:

1. Dengan Menggunakan Kopi

    Caranya cukup sederhana, bubuk kopi cukup dilarutkan dengan sedikit air lalu dibalurkan pada daging dan diamkan untuk beberapa saat. Sebaiknya bubuk kopi yang digunakan untuk marinasi daging kambing dan sapi sedikit saja jangan terlalu banyak. Kopi bisa dicampur dengan garam dan lada lalu daging bisa didiamkan beberapa saat agar kopi bisa bekerja dan melunakan daging. Lama durasi daging yang dimarinasi dengan kopi juga tergantung dengan jenis potongan dari daging kambing dan daging sapi tersebut. Bagian dari potongan daging sapi atau kambing yang banyak pergerakannya seperti paha cenderung lebih sulit untuk empuk. Potongan daging sapi prime cut ia sebutkan akan jauh lebih empuk daripada bagian potongan daging sapi secondary cut. 

    Namun perlu diperhatikan, cara mengempukkan daging dengan kopi sangat rawan mengubah rasa daging. Kunci perubahan rasa daging ada pada waktu. Chef Wisnu merekomendasikan waktu marinasi daging sapi atau kambing dengan kopi maksimal 1 jam. Sebab jika daging terlalu lama dimarinasi, daging akan menyerap rasa pahit dan aroma dari kopi.

2. Menggunakan minuman bersoda atau cola

cara mengempukkan daging sapi kambing
Rendam daging dengan soda (dok.hipwee)

    Soda juga bisa loh sobat untuk mengempukkan daging. Caranya Rendam daging dalam cola minimal 30 menit. Kandungan asam dalam cola menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.

3. Teh yang pekat
    
    Seduh teh hitam dengan pekat kemudian rendam daging didalam air teh dan diamkan selama beberapa menit sebelum memasak. Kandungan tanin pada teh dapat melembutkan daging.

4. Menggunakan garam laut yang kasar

    Taburkan garam kasar atau garam laut keseluruh permukaan daging, diamkan selama satu jam agar garamnya dapat menghancurkan ikatan protein pada daging sehingga daging dapat terasa lebih empuk, setelah di diamkan selama satu jam kemudian dicuci dengan bersih.

5. Perasan air lemon atau jeruk nipis

    Balurkan perasan air jeruk nipis atau lemon pada permukaan daging, lalu simpan di kulkas selama beberapa jam sebelum dimasak.

6. Direndam dengan daun pepaya

    Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa melunakkan daging. Kamu bisa menggunakan trik ini dengan cara membungkus rapat-rapat daging dengan daun pepaya. Jika ingin hasil yang jauh lebih maksimal, kamu bisa memarkan lebih dulu tulang daun pepaya yang akan digunakan. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya dan diamkan selama 1 jam. Gunakan daging yang masih utuh atau belum dipotong-potong, supaya daging bisa lebih lunak secara keseluruhan.

7. Gunakan buah nanas

    Nanas mengandung enzim bromelin yang berfungsi membuat makanan seperti daging menjadi basah dan lunak. Potong-potong daging menjadi beberapa bagian, kemudian parut nanas dan balurkan ke permukaan daging, pastikan semua permukaan daging terbalur dengan nanas dan diamkan selama 3 menit. Kemudian rebus daging bersama parutan Nanas tersebut hingga air mendidih. Kemudian cuci dan siap untuk dilanjutkan ketahap pengolahan. Nanas muda lebih baik digunakan untuk mengempukkan daging dibanding nanas yang sudah masak.

8. Parutan jahe dan serai

    Parut jahe dan iris tipis-tipis serai, kemudian balurkan keseluruh permukaan daging yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Serai bikin baunya lebih segar dan nggak prengus.

9. Tomat

    Blender buah tomat lalu balurkan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan diamkan kurang lebih 40-60 menit sampai daging empuk. Kemudian daging dicuci atau langsung dapat dilakukan tahap perebusan.

10. Buah Kiwi

    Kiwi mengandung zat yang bernama actinidin yang bisa bikin daging jadi lebih empuk. Cukup remas-remas kiwi dan biarkan buahnya membalur daging. Setelah 20-30 menit, bilas dan daging pun siap diolah.

11. Rebus dengan sari santan

    Untuk melunakkan 1 kilogram daging, gunakan sari santan dari 1 buah kelapa. Cara ini rupanya tidak hanya ampuh membuat daging menjadi empuk, tapi juga akan menambah cita rasa. Sebab daging telah menyerap santan sebelum diolah.

12. Potong Daging Secara Melintang

tips dan trik mengempukkan daging
daging dipotong melintang (dok.kompas).

    Cara memotong daging memengaruhi empuk tidaknya daging kambing dan sapi. Potonglah daging secara melintang atau melawan serat, sehingga seratnya mudah terurai. Kalau memotong searah dengan serat, daging akan susah empuk walaupun dimasak dalam waktu yang lama sekalipun.

13. Menggunakan pemukul daging khusus

    Sobat bisa menggunakan alat pemukul khusus daging yang banyak dijual di pasaran. Alat ini berbentuk seperti martil dengan desain bentuk khusus di bagian ujung pemukulnya. Pukulkan alat tersebut ke permukaan daging yang sudah dipotong. Lebih baik tidak dipukul terlalu keras. Sebab bisa membuat tekstur daging rusak dan menjadi tidak menarik ketika nanti diolah.

Sekarang udah tau kan caranya sobat, tinggal pilih salah satu alternatif dari beberapa cara di atas yah,, selamat mencoba sobat...


Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Cara Mengempukkan daging sapi dan kambing"