Aglonema : Cara Menanam dan Perbanyakannya

Aglonema merupakan tanaman yang menawan dan menarik perhatian, tapi taukah sobat cara yang bisa dilakukan untuk perbanyakan tanaman cantik yang satu ini? Yuk simak caranya..

aglonema
perbanyakan Aglonema

Perbanyakan Aglaonema. 

    Perbanyakan aglaonema dapat dilakukan dengan persilangan. Dalam persilangan perlu adanya seleksi tetua yang akan disilangkan terutama untuk keunggulan sifat, karakter kuat juga daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit. Faktor yang berpengaruh dalam produksi buah adalah waktu dan kondisi saat persilangan. Waktu yang tepat adalah pagi hari, lebih baik sebelum jam 7 pagi. Pada saat ini seludang bunga sedang membuka. Serbuk sari yang telah matang dioleskan pada kepala putik, yang dijadikan induk betina. Serbuk sari dioles dengan menggunakan kuas, yang sebelumnya telah dioleskan ke putik untuk memudahkan pengambilan serbuksari. 

    Selanjutnya tongkol bunga ditutup dengan kantong plastik dengan tujuan untuk menjaga kelembaban. Serbuksari sisa disimpan dalam botol kecil tanpa ditutup, dimasukkan tempat yang bagian bawahnya telah diberi silica gel. Namun sebaiknya secepat mungkin harus digunakan untuk penyerbukan lagi. Keberhasilan penyerbukan ditandai dengan pembesaran bakal buah dan siap dipanen setelah 6-8 bulan. Ditandai dengan perubahan warna buah dari hijau, coklat atau putih ke merah. Tanaman aglaonema termasuk protogynuous yaitu bunga betina masak lebih dulu dibanding bunga jantan. Hal ini dapat diatasi agar terjadi sinkronisasi pembungaan indukan jantan dan betina dengan pemberian GA3 dengan konsentrasi 50-100ppm. Untuk mengatasi kemandulan pada indukan dapat dilakukan dengan penggandaan kromosom menggunakan colchisin, namun relatif mahal.
(Balai Penelitian Tanaman Hias)

Cara Menanam Aglonema

    Pada dasarnya cara menanam aglaonema terbagi menjadi 2, yaitu dengan vegetatif dan generatif. Cara menanam aglaonema secara vegetatif atau tidak kawin dilakukan dengan stek, cangkok, dan pemisahan anakan. Sedangkan cara menanam aglaonema secara generatif atau kawin bisa dilakukan dengan menanam biji aglaonema.
 
Dengan singkat, langkah penanaman tanaman hias aglaonema dijelaskan dalam poin berikut:

Cara Menanam Aglaonema dengan Biji
    
    Agar dapat menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang berasal dari indukan yang sudah cukup tua atau berumur. Untuk mempercepat munculnya kecambah, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.

Cara Menanam Aglaonema dengan Stek

    Menanam tanaman hias aglaonema melalui stek bisa dilakukan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilihlah indukan yang mempunyai batang kokoh dan mempunyai setidaknya 5 daun tersisa sesudah diambil pucuknya untuk menjaga indukan tetap hidup sesudah dipotong pucuknya.

Potong pucuk indukan yang terpilih, setidaknya sampai 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan taruh di tempat yang cukup teduh. Kelemahan dari cara menanam aglaonema dengan stek pucuk ini yaitu induk yang diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

Cara Menanam Aglaonema dengan Cangkok

    Menanam aglaonema dengani cangkok tidaklah terlalu sulit tapi perlu ketelitian. bila berhasil kamu akan mendapatkan tanaman baru secara cepat, tetapi bila tidak berhasil indukan yang dicangkok akan mengalami pembusukan batang.

Cara menanam aglaonema dengan cangkok dimulai dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan ialah tanaman yang mempunyai batang yang kokoh dan sudah berwarna cokelat, daun batang dengan warna ini pada umumnya sudah gugur atau bila belum daun akan gugur dengan gampang ketika tersentuh manusia.

Bila sudah menemukan batang yag cocok, kelupas sedikit batang pohon sampai terlihat bagian dalamnya yang putih dan liat. Lapis bagian ini dengan kombinasi tanah sekam, pasir malang, humus kamu, dan pakis dengan perbandingan 1:5:2:2 dan bungkus memakai plastik.
Setelah terbungkus rapat, berilah lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus ini 2 kali dalam satu hari dan tanaman aglaonema baru siap dalam 3 sampai 4 minggu.

Cara Menanam Aglaonema dengan Pemisahan Anakan
    Cara menanam aglaonema dengan pemisahan anakan bisa dilakukan dengan memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Anakan yang bisa dipisahkan ialah anakan yang sudah mempunyai daun yang mekar dan sudah tidak tergulung.

Tetapi sebelum memustuskan untuk memotong akar sambung, pastikanlah indukan mempunyai akar yang kuat. Akar yang kuat ditandai dengan warnanya yang putih dan gemuk.
Agar mempercepat proses penunasan kembali sesudah dilakukan pemisahan anakan, potong pucuk indukan sampai tersisa 1 daun saja. Cara ini akan sangat berfungsi untuk merangsang aglaonema membentuk tunas baru.

Supaya keadaan tanaman indukan tetep terjaga, oleskan cairan antiseptik khusus tanaman di bagian yang sudah dipotong lalu padatkan daerah sekitar akar tanaman induk.

Jadi gitu Sobat, Gimana tertarik untuk menanam Aglonema?

Sumber:
Cybex.Pertanian

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Aglonema : Cara Menanam dan Perbanyakannya"