Keuntungan Bisnis Kopi dan Proses Pascapanen Kopi

Hai Sobat.. Siapa nih yang suka ngopi? atau pecinta kopi kekinian? Kali ini mike bakal berbagi informasi tentang bisnis kopi kekinian dimulai dari pasca panen kopinya. Namun sebelumnya tidak ada salahnya kan kalo kita mengetahui bagaimana sejarah tanaman kopi itu sendiri? Yuk simak penjelasannya sampai selesai..☺☺


Bisnis kopi
Sumber: Pixabay

ssstttt ada vidionya juga loh untuk mempermudah sobat menyerap materi tentang kopi ini, jangan lupa di tonton yaaa.. 

Sejarah Per-kopi-an duniawi

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia loh sobat, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Kopi masa ke masa

1000 SM Kopi mulai dikenal oleh suku Galla di Afrika Timur.

5M Kopi sudah dikenal di pelosok Ethopia

700-1000 M Kopi dikenal pertama kali oleh bangsa Arab sebagai minuman energi (untuk begadang). Penyebaran kopi dimulai saat itu bersamaan dengan penyebaran Islam. Sumber kopi pertama di Mocha salah satu derah di Yaman.

1000 M Ibnu Sina menyelidiki zat kimiawi kopi, dokumennya merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah kopi dari ilmu kedokteran dan kesehatan.

1400 M Penyebaran kopi dan kedai kopi pesat di jazirah Arab, terutama Mekkah dan Madinah.

Proses Pasca Panen Kopi

Untuk pasca panen kopi sendiri mike menyajikan dalam bentuk Vidio ya sob, silahkan disimak sampai selesai yah..




Keuntungan Bisnis Kopi

Bisnis Kopi sendiri memiliki peluang yang bagus, khususnya bagi sobat yang ingin terjun ke bisnis F&B. Kopi sendiri pun sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Rasanya, sehari tanpa kopi seperti ada yang kurang.

Sumber: istockphoto

Nah, bagi Sobat  yang tak ingin hanya jadi sekadar penikmat, mengapa tak memulai bisnis kopi kekinian sendiri? Ada setidaknya 3 keuntungan yang bisa sobat miliki, lho. Simak pemaparannya berikut ini.

1. Pasar yang dimiliki sangat luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyuka kopi tidaklah sedikit. Baik remaja, dewasa, atau yang sudah tua sekalipun, menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka.

Peluang inilah yang harus sobat manfaatkan ketika hendak menjalani bisnis kopi kekinian. Dengan pasar yang begitu luas, bisa menyasar siapa saja dan ini bisa membuat bisnis kopi laris manis.

Namun yang perlu diingat, persiangan bisnis kopi juga lumayan ketat. Sobat harus punya strategi jitu agar kopi yang disajikan di kedai atau kafe sobt disukai oleh pelanggan. Bahasa lainnya memiliki ciri khs tau keunggulan khusus.

2. Bisa mendapat omzet harian

Apabila Sobat menjalankan bisnis kopi kekinian, sobat juga berkesempatan untuk mendapatkan omzet harian. Biasanya, omzet bisa meningkat saat hari libur atau akhir pekan tiba.

Akan tetapi, hal tersebut harus didorong dengan strategi promosi yang baik, terutama di media sosial. Misalnya, Sobat membuat opening promo Buy 1 Get 1. Kemudian, tidak menutup kemungkinan mengundang influencer atau selebgram untuk mempromosikan bisnis Sobat.

3. Modal relatif kecil

Zaman sekarang, tidak perlu menyewa tempat yang besar untuk Sobat jadikan kedai kopi/Kafe. Semua tergantung bagaimana konsep yang ingin Anda tawarkan sob.

Misalnya, menawarkan tempat duduk-duduk santai tanpa meja. Selain itu, juga bisa membuat stand kopi yang mengusung konsep take away atau grab and go. 

Dengan demikian, Sobat pun bisa menghemat biaya lebih jauh dan mengalokasikan budget tersebut untuk hal-hal lain, misalnya membuka stand baru, menambah varian yang berbeda, dan sebagainya.

Jadi, gimana nih Sob tertarik buat mulai bisnis kekopian? 



Sumber:
koinworks.com
Garuda-mas.com

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk " Keuntungan Bisnis Kopi dan Proses Pascapanen Kopi"