Mengenal Tanaman Mint dan jenisnya

Hai Sobat, siapa sih yang belum mengenal tanaman yang menyegarkaan tenggorokan ini? 

Tanaman yang namanya sering diartikan seperti permen ini ternyata memiliki banyak jenis spesiesnya loh. Menurut sumber yang mike baca ternyata mint memiliki lebih dari 7500 varietas Lamiaceae (mint). 

Beberapa ditanam sebagai pohon atau semak, yang lain dapat dimakan, dan beberapa hanya sebagai hiasan. Spesies Lamiaceae yang paling dikenal adalah pilihan yang kita sebut mint: peppermint, spearmint, chocolate mint, lemon mint, dan sebagainya. Karena ini adalah ramuan yang sangat mudah ditanam.  

Tanaman ini biasanya ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Cocok digunakan sebagai makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan permen.

Mike bakal jelasin beberapa jenis tanaman mint nih sobat, simak sampai selesai yah...

Pepermint

Peppermint
Peppermint (sumber:Wikipedi)

Mentha piperita, atau dalam bentuk liarnya Mentha balsamea, adalah persilangan antara watermint dan spearmint. Seperti semua mint, peppermint sangat invasif. Itu tidak berkembangbiak dengan biji. Berasal dari Eropa dan Timur Tengah, mint ini ditanam di banyak wilayah di seluruh dunia, dan juga biasa ditemukan di alam liar.

Peppermint juga dapat meremajakan Badan. Rasa sejuknya saat diletakkan di kulit membantu meremajakan kaki yang lelah dan pegal. Peppermint dapat ditanam di sekitar rumah, di dalam dan di luar. Tikus dan tupai tidak menyukai aroma peppermint. Dapat berfungsi sebagi pembunuh hewan seperti rayap ataupun tikus dengan cara Merendam bola kapas dalam minyak esensial peppermint dan menempatkan bola ini di lemari dan lubang tempat hewan pengerat mungkin menyelinap masuk.

Peppermint memiliki bau yang manis dan menarik. Hanya mencium aroma herba itu membuat seseorang merasa segar. Mengunyah peppermint bisa menjadi obat sekaligus menyegarkan nafas. Padahal, sebelum ditemukan permen karet, orang biasa mengunyah daun peppermint.

Peppermint populer sebagai hiasan pada makanan penutup yang manis, ditambahkan ke puding, salad, dan saus salad. Ini bisa ditambahkan ke hidangan manis atau gurih, segar atau kering.

Spearmint

Spearmint
Spearmint (Sumber: Wikipedia)


Mentha spicata atau Mentha viridis adalah varietas mint dengan banyak nama. Spearmint juga dikenal sebagai garden mint, common mint, lamb mint (rasanya enak seperti jelly untuk menemani masakan daging domba atau ditaburi segar pada domba saat dipanggang). Tanaman tumbuh tinggi, dengan daun panjang dan sempit dengan bunga berwarna merah muda atau putih.

Nama 'Spear' dalam spearmint menunjukkan ujung daun runcing yang terlihat seperti tombak. Seperti kebanyakan Mint, spearmint bersifat invasif dengan pelari yang menyebar ke segala arah. Menumbuhkan spearmint dalam pot adalah cara terbaik untuk mengontrol sifat invasifnya.

Daunnya dapat digunakan segar, dikeringkan atau dibekukan, tetapi yang terbaik adalah memanen daunnya sebelum tanaman berbunga, karena daun kemudian akan kehilangan rasa dan aromanya. Daunnya juga baik diawetkan dengan garam, gula, sirup manis, alkohol, atau minyak. Spearmint adalah penyedap pasta gigi yang populer dan sebagai bahan berbagai manisan. Ini sangat populer dalam minuman campuran, teh manis, dan es teh. Kadang-kadang dapat ditemukan di sampo dan sabun. Sebagai fumigan, spearmint membuat insektisida yang efektif melawan ngengat.

Lemon Balm


Lemon Balm Mint adalah mint yang memiliki sifat aditif, sangat baik untuk salad, teh, anggur, dan minuman keras, dan sangat populer sebagai penyedap hidangan laut dan daging. Lemon Balm juga digunakan sebagai penyedap dalam makanan penutup. Secara medis, teh lemon mint dapat digunakan untuk mengobati pilek, batuk, demam, dan berbagai penyakit pernapasan. Karena lemon balm mengandung sitronelal, ini menjadi pengusir serangga yang sangat baik, terutama untuk kutu dan tungau.

Chocolate Mint

Chocolate mint
Sumber: Wikipedia

Namanya menjelaskan semuanya. Dengan batang agak cokelat dan tanda coklat pada daunnya, mint ini berbau dan berasa mirip cokelat. Bayangkan sebuah plot taman yang berbau seperti patty cokelat namun itu adalah tanaman mint. Mint ini menjadi mint terbaik untuk melengkapi cokelat yang lezat. 

Chocolate mint lebih menyukai lokasi yang sejuk dan teduh dengan tanah yang lembab. Ia menyukai matahari tapi tidak terlalu panas. Setelah sobat menemukan lokasi yang sempurna, perawatan mint ini menjadi lebih mudah. Biarkan saja, disiram dengan baik dan Mint cokelat akan tumbuh subur dan menyebar seperti rumput liar.

Seperti banyak Mint lainnya, mint coklat dapat digunakan untuk membuat teh yang enak. Isi gelas sekitar setengah penuh daun mint coklat segar dan tambahkan air mendidih. Seduh dan sendokkan daunnya. Tambahkan sedikit susu coklat atau susu almond coklat untuk suguhan yang lebih kental dan lebih kaya akan rasa.

Chocolate mint juga dapat ditambahkan ke puding dan makanan yang dipanggang agar menambah ciri khas rasa chocolate mint. Dapat ditambahkan ke krim kocok dan dicampur dalam pembuat es krim, bahkan untuk membuat es krim cokelat-mint tidak perlu menambahkan cokelat.

Lavender Mint




Mentha piperita lavendula, serbaguna, dan invasif. Dengan bunga ungu yang lembut, lavender mint adalah tambahan yang cantik untuk taman apa pun. mint ini berguna dan bermanfaat, baik untuk kualitas pengobatan maupun untuk tujuan kuliner.

Terkenal karena penggunaannya (dikeringkan) dalam teh dan potpourris, lavender mint juga ditemukan dalam sampo, krim, dan bahkan lip balm. Setangkai daun mint lavender segar akan meningkatkan cita rasa hidangan gurih seperti salad, pasta, dan sup. Beberapa orang menikmati mint lavender segar yang ditambahkan ke segelas limun dingin atau dengan hidangan stroberi segar.

Jahe Mint (Ginger Mint)


Mint ini, juga dikenal sebagai slender mint atau scotch mint, merupakan persilangan antara mint jagung dan spearmint, meskipun baunya sangat mirip dengan spearmint. Seperti semua mint, jahe mint mudah tumbuh dan akan tumbuh dengan baik di semua jenis tanah, termasuk tanah liat yang berat, asalkan disiram dengan baik.

Jahe mint menjadi tambahan yang enak untuk salad melon, teh panas atau dingin, dan lemon. Tambahkan mint yang baru dipotong atau yang sudah dikeringkan ke mentega untuk olesan makanan, dapat juga menjadi bumbu yang lezat untuk olahan daging.

Banana Mint



Mentha arvensis adalah mint dengan bunga pucat berwarna ungu yang menjadi tambahan yang menarik untuk taman herba atau sebagai pembatas untuk taman bunga. Ia dapat tumbuh sekitar 300 mdpl dan lebih menyukai lokasi yang cerah. Daun hijau cerah memiliki aroma mint yang kental.

Saat dimakan, ia meninggalkan rasa yang mirip dengan pisang, sehingga dinamakan Banana mint. Lebah dan kupu-kupu menyukai mint ini. Daun banana mint dapat digunakan sebagai hiasan untuk puding dan minuman musim panas serta dalam salad.

Corsican Mint


Mentha requienii, atau mint Korsika, yang berasal dari Corsica, adalah varietas mint yang tumbuh di dataran rendah. Mint ini dianggap sebagai salah satu anggota terkecil dari keluarga mint. Daunnya yang berwarna hijau cerah, bentuknya kecil dan lonjong, mengeluarkan bau mint yang kuat saat diremas. Bunga ungu muda kecil tetapi menarik serangga, yang membantu penyerbukan tanaman. Mint Korsika sangat invasif.

Korsika mint adalah tanaman alas tidur yang populer, dan karena dapat diinjak-injak tanpa membunuh tanaman, ia sering ditanam di antara batu dan jalan setapak. Ia menyukai tempat teduh, tetapi tidak menyukai terlalu banyak air, karena akan membuat tanaman membusuk.

Mint ini dapat menjadi tanaman pendamping yang baik untuk brokoli, kubis, dan kembang kol karena mengusir beberapa serangga yang merusak tanaman ini. Mint Korsika juga meningkatkan cita rasa tanaman sayuran di dekatnya.

Penggunaan mint ini yang paling terkenal adalah sebagai penyedap rasa crème de menthe. Ini memiliki khasiat obat juga. Itu membuat antiseptik yang baik, dan dapat meredakan perut kembung dan menurunkan demam. Ini juga dapat menjadi pengendali hewan pengerat yang baik karena tikus tidak menyukai bau mint ini.

Egyptian Mint


Mentha niliaca atau mint Mesir. Mint ini tentu saja memiliki aroma dan rasa manis saat ditambahkan ke berbagai hidangan. Mint mesir memiliki rasa yang sangat mirip dengan apple mint. Namun, mint mesir, sangat banyak yang tumbuh dengan liar. Mint ini adalah tanaman kuat dengan batang kokoh dan daun abu-abu besar dengan tekstur seperti beludru. Tumbuh diketinggian 900 meter dengan bunga berwarna ungu. Tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh dan parsial, dan dikenal dapat menarik kupu-kupu. Mint Mesir Dapat digunkan sebagai camuran ramuan obat.

Apple Mint



Mentha suaveolens, juga dikenal sebagai apple mint, pineapple mint, woolly mint, atau round-leafed mint, berasal dari wilayah Mediterania di Eropa Barat. mint ini adalah tanaman besar. Tingginya bisa mencapai 90 cm.

Daun hijau muda, agak keriput, agak berbulu di atasnya. Bunga merah muda atau putih tumbuh melingkar di paku panjang. Mint ini merupakan tanaman yang menarik dan sering digunakan untuk taman bunga hias. Seperti kebanyakan mint, mint ini kuat dan mudah tumbuh, sampai bersifat invasif. Ia lebih menyukai sinar matahari penuh.

Tanaman aromatik ini memiliki rasa minty dan fruity. Di antara banyak kegunaan kuliner lainnya, daun mint apel digunakan untuk membuat jeli mint apel dan couscous mint apel. Membuat teh mint rasa buah yang lezat, dan sering digunakan sebagai hiasan atau salad.

Pennyroyal Mint


Mentha pulegium, paling dikenal sebagai pennyroyal atau pennyrile, juga dikenal sebagai squaw mint, tanaman nyamuk, dan rumput puding. Daunnya, bila dihancurkan, berbau sangat mirip spearmint. Pennyroyal adalah ramuan tua yang digunakan untuk pengobatan tradisional orang Yunani dan Romawi.

Nama latinnya berasal dari pulex (kutu), yang menggambarkan salah satu pengobatan tradisional paling dasar: mengusir kutu. Orang Yunani dan Romawi juga menggunakan Pennyroyal sebagai ramuan memasak, biasanya dikombinasikan dengan tumbuhan lain seperti oregano dan ketumbar. Meskipun populer dalam masakan kuno, pennyroyal telah kehilangan daya tariknya dalam resep kontemporer. 

Jika Sobat menginginkan rasa mint yang sangat kuat, cobalah pennyroyal (Mentha pulegium) Ini. Tanaman mint ini merambat, menyukai kelembapan dan menjadi alternatif yang bagus untuk rumput rumput tradisional, terutama dalam kondisi lembab dan teduh.

Secara medis, pennyroyal memiliki banyak kegunaan di zaman kuno, dengan memperhatikan secara khusus kemampuan beracunnya, termasuk dapat membantu proses menggugurkan janin serta metode pemberantasan hama ular. 

Pennyroyal dapat membantu dalam berbagai penyakit gastrointestinal seperti sembelit dan wasir, juga bagus untuk kondisi kulit dan sakit gigi.

Penggunaan pennyroyal saat ini sangat minim, meskipun minyaknya masih tersebar secara komersial, mungkin karena racun yang tidak pasti dari ramuan ini dan bahwa dalam jumlah yang tidak diketahui, dapat menjadi tidak aman untuk digunakan.


Wah jadi gitu sobat, masih banyak lagi sebenarnya jenis mint, namun beberapa mint diatas adalah mint yang lebih populer di masyarakat dan sering digunakan.


Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk " Mengenal Tanaman Mint dan jenisnya"