Mentan mengajak peran generasi muda menekuni dunia bisnis pertanian.

    Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) mengatakan bahwa sektor pertanian menjadi penopang perekonomian Indonesia saat ini. 

Sumber : Pixabay


Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal II tahun ini, sektor pertanian berkontribusi sebesar 16,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sehingga menjadi sektor yang mampu menyerap tenaga kerja khususnya di masa pandemi virus corona (Covid-19). 

"Artinya sektor pertanian juga membuka lapangan kerja sehingga siapa saja yang mau berkeringat, siapa saja yang mau dapat uang, maka turun ke lapangan. Kerja di pertanian sangat terbuka," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (6/9/2020)

Meski peluang usaha di sektor pertanian terbuka, Syahrul tetap mengingkat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Mulai dari sistem irigasi, varietas bibit unggul yang digunakan, kecukupan pupuk serta SDM petani yang mau bekerja di sawah. 

Untuk membangun pertanian yang maju, mandiri dan modern, Kementan mengatakan akan membentuk korporasi pertanian yang ditunjang oleh fasilitas permodalan atau dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Permodalan itu berasal dari perbankan dan off-taker yang menjamin harga panen yang menguntungkan petani. "Menghadapi situasi ekonomi dunia yang melemah mudah-mudahan Indonesia tetap bangkit makin membaik karena ada pertanian yang menopangnya dan Indramayu termasuk yang cukup bagus ini. Kepada para perbankan saya harap support KUR untuk petani. Jangan ragu," kata dia.

Kementerian Pertanian juga mengajak peran serta generasi muda untuk menekuni dunia bisnis pertanian. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan anak muda harus mulai bersaing dengan pasar global yang telah menggunakan teknologi sebagai sarana produksi.

Ia juga mengatakan generasi muda memiliki kemampuan daya jelajah yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, mereka tidak perlu ragu menjadi seorang petani. Apalagi pemerintah telah menyediakan akses pasar dan layanan fasilitas sarana prasarana yang cukup lengkap.

"Hari ini, sektor pertanian mampu memberikan prospek ekonomi yang baik karena menyediakan ketersediaan pangan untuk masyarakat Indonesia," ujar Kuntoro dalam keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

Ia mengatakan sektor pertanian merupakan pilihan pasti karena bisa memberi sumber penghasilan tetap. Sektor ini juga menjadi dasar bagi kehidupan dan keberlangsungan masyarakat dunia.

"Semua orang pasti butuh makan kok," katanya.

Mengenai hal ini, Main Farmer dari Sayuran Pagi Safari menyampaikan untuk memulai bisnis pertanian sebaiknya generasi muda memupuk mental dan kemauan yang kuat untuk bisa bersaing dan berkembang.

"Terus terang saya tidak ada basic di pertanian dan hanya belajar otodidak. Tapi berkat kemauan dan mental yang tinggi alhamdulillah omzet saya naik 50 persen," ucapnya.

Safari menjelaskan saat ini ia sudah memiliki 150 konsumen tetap yang tersebar di seluruh Jabodetabek. Ia bahkan menargetkan akan melebarkan daya jelajah usahanya ke semua daerah dan pasar ekspor global.

Sumber :

Kompas.com

finance.detik.com


Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk " Mentan mengajak peran generasi muda menekuni dunia bisnis pertanian."