Cara membuat pestisida nabati untuk belalang, hanya dengan 1 bahan utama (Bawang putih)

 Hai sob, 

Tanaman yang mike tanam yaitu brokoli dan kale banyak yang daunnya berlubang bahkan ada yang habis. setelah ditelusuri ternyata penyebabnya adalah hama belalang. 

Pesnab Belalang


Belalang kecil si perusak daun

belalang kayu (Valanga nigricornis) merupakan salah satu hama daun karena serangga ini mempunyai kisaran inang yang luas.

Daun yang dimakan menjadi berlubang-lubang, tulang daun dan urat-urat daun tidak dimakan. Gejalanya kadang-kadang sulit dibedakan dengan gejala lubang-lubang kerusakan daun oleh serangan ulat daun. Lubang akibat serangan belalang tepinya bergerigi kasar tidak beraturan, sedangkan akibat serangan ulat lebih halus.

Ciri-ciri belalang kayu Valanga nigricornis antara lain memiliki antena pendek, organ pendengarannya terletak pada ruas abdomen serta alat peletak telurnya berukuran pendek.

Cara pengendaliannya bagaimana?

Karena dikhawatirkan serangannya semakin parah, akhirnya mike mencoba untuk membuat pengendaliannya menggunakan pestisida nabati. 

Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama atau penyakit pada tanaman

Cara kerja pestisida nabati sangat spesifik, yaitu: (1) merusak perkembangan telur, larva dan pupa. (2) menghambat pergantian kulit. (3) mengganggu komunikasi serangga. (4) menyebabkan serangga menolak makan. (5) menghambat reproduksi serangga betina. (6) mengurangi nafsu makan. (7) memblokir kemampuan makan serangga. (8) mengusir serangga. (9) menghambat perkembangan patogen penyakit.

Nah pesnab yang akan mike buat untuk mengendalikan belalang terbuat dari bawang putih.

Bawang putih untuk pesnab 

Bawang putih merupakan tanaman umbi yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ciri khas bawang putih adalah aromanya yang khas dan sangat menyengat. Dalam kehidupan sehari-hari bawang putih dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Istimewanya, bawang putih bukan hanya sekedar sebagai bahan makanan, tetapi bawang putih juga memiliki segudang khasiat dan manfaat bagi manusia.

Bukan hanya pada manusia, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk menyehatkan tanaman. Ekstrak bawang putih diketahui berguna untuk mengendalikan beberapa jenis organisme pengganggu tanaman (OPT), baik itu hama serangga, bakteri maupun jamur patogen.

Kandungan kimia bawang putih antara lain:Senyawa kimia yang terkandung dalam bawang putih antara lain tanin, minyak atsiri,dialilsulfi da, aliin, alisin, enzim aliinase

Bagian tanaman yang digunakan : Seluruh bagian tanaman, umbi, daun dan bunga

Cara Kerja :

1. Penolak (repellent )

2. Bersifat sebagai insektisida, nematisida, fungisida dan antibiotik


Cara membuat Ekstrak minyak bawang putih untuk hama belalang

Pembuatannya simpel banget sob, untuk mempermudah sobat dalam memahami cara pembuatannya, sobat bisa simak nih vidio pembuatannya :



Bahan dan Alat : 
100 gram bawang putih 
2 sendok makan minyak sayur 
10.5 liter air 
10 ml deterjen/sabun Deterjen
 Cara Pembuatan : Hancurkan bawang putih. Rendam dalam minyak sayur selama 24 jam. Tambahkan ½ liter air dan deterjen. Aduk hingga rata. Saring 
Cara Penggunaan : Tambahkan 10 liter air kedalam larutan. Aduk hingga merata. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang OPT pada pagi hari atau sore hari.
Aplikasi pestisida lebih baik dilakukan sebelum pukul 7 pagi dan kalau sore lebih baik jam 4 atau jam 5 sore. Aplikasi Pesnab pada saat matahari sedang terik dikhawatirkan akan merusak daun/membakar daun dan mengganggu proses fotosintesis. 
OPT Sasaran : Hama kubis, belalang dan kutudaun.

Nah jadi seperti itu sob, pembuatan pesnab untuk belalang versi mike. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

1 komentar untuk "Cara membuat pestisida nabati untuk belalang, hanya dengan 1 bahan utama (Bawang putih)"

  1. The Pro 3D platform is perfectly suited to create prototypes and small scale manufacturing parts for a wide range|a variety} of functions. With the continuous improvement of the 3D printing industry, 3D printer models are additionally rising. 3D printing research and improvement technology is continually improving, producing massive number of|numerous|a lot of} high-performance and precision machining high-precision 3D printers.

    BalasHapus