Jenis Jenis Cabai Indonesia dan Dunia

Hi sobat langit, 

siapa nih yang suka makan cabai? 
asal bukan cabe-cabe an ya.. hehe ups..


Tentang Cabai


Tanaman Cabai digolongkan ke dalam anggota genus Capsicum. Bagian dari tanaman cabai yang digunakan adalah buahnya, yang dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu.

Pada buah cabai terkandung antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Cabai juga mengandung zat capsaicin yang memiliki beragam khasiat salah satunya dapat menurunkan resiko kanker. Selain itu, juga terdapat vitamin A dan C yang cukup tinggi pada buah cabai. 

Namun, meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, sobat juga tetap harus memperhatikan banyaknya cabai yang dikonsumsi, agar tidak menimbulkan gangguan pada lambung. 
Umumnya cabai berukuran kecil memiliki rasa lebih pedas dibandingkan cabai berukuran besar. 

Ukuran kepedasan cabai sendiri dinyatakan dalam satuan Scoville Heat Unit (SHU), yang menunjukan jumlah capsaicin di dalam cabai

Sebelum melanjutkan ke artikel penjelasan jenis dan gambar cabai, yuk kita tonton vidio kali ini tentang jenis-jenis cabai. 

Vidio jenis-jenis cabai di dunia


Jenis-jenis Cabai 


Ada banyak macam cabai di Indonesia maupun di Dunia, tipe tersebut dibedakan menurut bentuk, ukuran dan kadar kepedasan (SHU). Sekarang mike akan berbagi tentang beberapa jenis cabai yang sering kita jumpai di Indonesia dan yang populer di Dunia.

1. Cabai Merah Besar dan Cabai Hijau Besar


Jenis jenis cabai di Indonesia
Cabai Merah Besar

Jenis Jenis Cabe di Indoneisa
Cabai Hijau Besar

Cabai merah besar dikenal juga dengan nama cabai teropong. Bentuknya panjang, besar, dan berwarna merah menyala. Meskipun besar, cabai ini tak terlalu pedas. Biasanya digunakan sebagai manisan atau diambil warnanya saja. Oleh karena bijinya yang terlalu besar dan banyak, maka penggunaannya pun kerap tak menyertakan bijinya.

Sedangkan Cabai hijau besar merupakan cabai merah besar yang belum matang. Warnanya hijau tua dengan tekstur yang renyah.

2. Cabai Merah Keriting dan cabai Hijau Keriting


Jenis-jenis cabai di indonesia
Cabai keriting hijau

Jenis jenis cabai di Indonesia
Cabai Keriting merah

Sesuai namanya, cabai jenis ini berbentuk panjang, ramping, dan sedikit bergelombang (keriting). Cabai ini memiliki sedikit kandungan air. Tekstur dagingnya padat dan bijinya menempel erat pada dagingnya. Cabai berwarna merah hati ini rasanya sedikit lebih pedas dibandingkan cabai merah besar. Cabai merah keriting banyak digunakan pada tumisan.

Sama seperti cabai hijau besar, cabai hijau keriting ini merupakan cabai keriting merah yang belum matang. Biasanya, cabai jenis ini digunakan bersama cabai hijau besar, baik untuk tumisan maupun dibuat sambal hijau.

3. Cabai Rawit Merah


jenis jenis cabai di Indonesia
cabai rawit merah

Ungkapan “kecil-kecil cabai rawit” tampaknya pas untuk menggambarkan sifar cabai berukuran kecil ini karena memang memiliki rasa paling pedas dibandingkan jenis cabai pada umumnya.
Warnanya merah segar agak orange. 

Cabai rawit merah yang belum matang berwarna putih kehijauan. 
Varian cabai pedas di Indonesia masih dipegang oleh cabai rawit yang memiliki skala scoville antara 48.000 SHU hingga 100.000 SHU.

4. Cabai Rawit Hijau


jenis jenis cabe di indonesia
Cabai Rawit Hijau


Meskipun berwarna hijau, cabai rawit hijau bukanlah cabai rawit yang belum matang.
Namun merupakan jenis tersendiri. Cabai ini memiliki bentuk kecil dengan warna hijau agak tua. Dibandingkan cabai rawit merah, rasanya tidak terlalu pedas.

Cabai rawit jenis ini kerap digunakan sebagai bahan acar atau pelengkap gorengan.

5. Cabai Gendot atau Habanero


jenis jenis cabai di indonesia
Cabai Gendot atau habanero


Cabai yang ini memiliki bentuk unik yaitu berbentuk pendek, bulat, dengan tekstur renyah dan rasa yang pedas menggigit.

Di Jawa Barat, cabai ini dinamakan Cabai Gendot karena memiliki bentuk yang bengkak atau mengembung. Cabai ini berasal dari Semenanjung Yucatan dan memiliki tingkat kepedasan mencapai 100.000-350.000 Skala Scoville.

Cabai ini banyak dijumpai di perkebunan sekitar Bandung dan di sekitar Dieng Jawa Tengah. Meksiko merupakan negara penghasil cabai gendot terbesar di dunia. Cabai gendot memiliki aroma yang unik, yaitu perpaduan antara buah dan bunga. cabai ini memiliki beragam warna, yaitu hijau, orange terang, kuning, dan orange. Cabai ini banyak dimasak dalam berbagai macam tumisan dan juga hidangan pedas lainnya.

6. Cabai Rocoto


jenis jenis cabai di indonesia
Cabai rocoto

Cabai Rocoto banyak ditemukan di Peru, Bolivia, Argentina Utara dan Ecuador. Bentuknya hampir bulat dan memiliki daging tebal seperti paprika. Cabai ini akan sangat pedas dan bijinya berwarna hitam. Cabai Rocoto dapat tumbuh baik pada iklim sedang sampi dingin. Kebanyakan rocoto berwarna merah.

7. cabai Jalapeno


jenis jenis cbai di Indonesia
Cabai Jalapeno

Cabai Jalapeno berasal dari Meksiko, warnanya hijau tua dan merah serta memiliki bentuk yang mirip dengan peluru. Cabai ini memiliki rasa yang kurang pedas karena itu biasanya cabai ini dijual dalam bentuk acar dan dikemas di dalam botol. Cabai ini memiliki tingkat kepedasan 2.500-8.000 Skala Scoville. 

8. Bolivian Rainbow Chili atau cabai pelangi


jenis jenis cabai
Cabai pelangi

Salah satu varietas cabai yang tidak biasa ini dikembangkan oleh New Mexico State university. Buah cabai ini akan berwarna ungu pada awalnya, kemudian akan berubah menjadi kuning dan oranye, apabila sudah masak akan berubah menjadi merah. 

Cabai ini akan menghasilkan perpaduan warna yang memberikan efek pelangi di atas daun tanamannya yang berwarna hijau.

Cabai pelangi lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias daripada sebagai konsumsi. Hal ini karena keunikan dari segi warna yang ditampilkan oleh cabai jenis tersebut.

Selain itu tingkat kepedasan yang hanya berada diantara 5.000-30.000 SHU dirasa kurang pedas jika dibandingkan dengan cabai pada umumnya yang mencapai 100.000 SHU. Meski demikian, cabai pelangi ini tetap bisa untuk dikonsumsi.

9. Cabai Paprika


Jenis jenis cabai
Cabai paprika

Bell pepper atau yang sering kita sebut dengan Paprika merupakan cabai yang memiliki 4 varian warna yaitu merah, kuning, hijau, dan oranye. Biasanya Paprika Hijau terasa lebih pahit apabila dibandingkan dengan paprika warna lainnya. 

Cabai jenis ini dikelompokkan ke dalam cabai yang kurang pedas atau "sweet peppers". Paprika memiliki bentuk yang unik menyerupai lonceng, besar, bertekstur renyah dan keras namun pada bagian dalamnya berongga. Paprika banyak dijual dalam keadaan segar maupun telah diolah menjadi bubuk yang dapat memberikan efek pedas sedang pada makanan.

10. cabai cheri


cabai cherry
Cabai Cherri


Pimento atau cabai cheri memiliki bentuk yang agak besar, berwarna merah dan berbentuk mirip hati serta memiliki panjang sekitar 7 cm dan lebar 5-7 cm. cabai jenis ini memiliki daging buah yang manis, berair, dan lebih beraroma apabila dibandingkan dengan paprika merah. 

Namun beberapa varietas dari pimento ini memiliki rasa yang cukup pedas. Cabai ini banyak digunakan sebagai campuran acar.

11. Cabai Anaheim


jenis jenis cabai terpedas
Cabai anaheim


Anaheim sebenarnya merupakan nama sebuah daerah yang kemudian diberikan kepada cabai jenis ini ketika ada seorang petani bernama Emilio Ortega membawa benih cabai ini ke daerah Anaheim pada awal tahun 1900-an. 

Cabai ini juga memiliki sebutan lainnya yaitu California Chile atau Magdalena. Jenis cabai ini yang tumbuh di New Mexico memiliki tingkat kepedasan sekitar 4500-5000 Scoville Units.

12. Cabai Datil


jenis cbai terpedas
Cabai Datil


Cabai Datil merupakan salah satu cabai yang dibudidayakan secara masal di Amerika serikat, terutama di negara bagian Florida. Jenis cabai ini memiliki skala scoville 100 ribu hingga 300 ribu SHU, berarti tiga kali lipat lebih pedas dari cabai rawit milik Indonesia.

Walaupun pedas, cabai berwarna kuning, orange hingga jingga ini memiliki sedikit rasa manis. Di Indonesia, Datil sering disebut cabai rawit domba dan mudah ditemukan di pasaran Dunia, karena memang Datil adalah salah satu jenis cabai yang banyak digunakan untuk berbagai makanan

13. Cabai Red Savina


Jenis jenis cabai terpedas
Cabai red savina

Red Savina merupakan jenis cabai Habanero yang telah dikembangbiakan secara selektif untuk menghasilkan varian unggul dan tentunya memiliki tingkat kepedasan lebih tinggi dari cabai Habanero.
Frank Garcia adalah orang dibalik terlahirnya Red savina. 

Ukuran cabai ini berkisar 5cm (Panjang) dan 3,5 cm (lebar/diameter), dengan warna merah gelap. Nilai scoville Red savina berkisar 700 ribu hingga 800 ribu SHU. Alhasil, Red Savina pernah tercatat sebagai cabai terpedas pada tahun 1994 hingga 2006.

14. Cabai Bhut Jolokia


jenis jenis cabai terpedas
Cabai Bhut Jolokia


Pada tahun 2000, Laboratorium di India melakukan penyilangan bibit cabai murni antara Capsicum chinense dengan Capsicum frutescens pada tahun 2007, nama cabai tersebut adalah Bhut Jolokia.

Cabai ini memiliki nilai scoville hingga menembus 1 juta SHU. Dengan nilai scoville sebesar itu, tak heran Bhut Jolokia dijuluki sebagai Ghost Pepper atau cabai setan dari India.
Penampakan cabai ini keriput, berukuran gemuk kecil dengan warna merah pekat. 

15. Cabai Naga Viper


jenis jenis cabai terbesar
Cabai Naga Viper


Rekor Bhut Jolokia terpatahkan setelah seorang petani Inggris dari The Chili Pepper Company, berhasil menyilangkan tiga jenis tanaman cabai terpedas kala itu, dengan dihasilkannya jenis cabai baru bernama Naga viper. 

Naga viper memiliki nilai scoville 1,38 juta SHU, artinya menurunkan gelar Bhut Jolokia pada tahun 2011, sebagai cabai terpedas sejagat saat itu.

Para ahli menyatakan tingkat kepedasan naga viper berada di level yang berbahaya jika dikonsumsi mentah-mentah. Apabila nekat, lidah akan terasa terbakar dan bisa bertahan selama berjam-jam dan setelahnya anda akan sulit berbicara atau melakukan aktivitas apapun.

16. Cabai Moruga Scorpion


Jenis jenis Cabai terpedas
Cabai Moruga Scorpion

Moruga Scorpion merupakan jenis cabai yang dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Chile Pepper Institut, Amerika Serikat pada tahun 2007.

Hasil dari penelitian yang cukup panjang tersebut, Moruga Scorpion berhasil merebut posisi Naga Viper sebagai cabai terpedas se-dunia pada tahun 2012. Nilai scoville untuk jenis cabai ini sebesar 1,4 juta SHU hingga 2 juta SHU.

17. Cabai Caroline Reaper


jenis jenis cabai
cabai caroline reaper

Secara komersil, cabai terpedas sedunia yang sudah dipasarkan bernama Caroline reaper dengan nilai scoviile 1,59 juta SHU.

Perkembangan selama empat tahun dari tahun 2013 hingga 2017, Ed Currie mampu meningkatkan rasa pedas cabai caroline hingga 2,2 juta SHU, dan itu membuat Caroline reaper mempertahankan gelarnya sebagai cabai terpedas sejagat.

Caroline reaper memiliki bentuk bulat seperti cabai gendot dengan struktur permukaan kulit seperti cabai keriting dengan warna merah cerah. Dibagian ujung cabai strukturnya agak melekuk kedalam, seperti “ekor” bagaikan sabit malaikat pencabut nyawa, yang siap menusuk lidah yang memakannya.

18. Cabai Dragon Breath


jenis jenis cabai
Cabai Dragon breath


Dilihat dari ukuran mungkin cabai satu ini mirip dengan cabai rawit Indonesia, namun jangan salah, cabai bernama ‘Dragon Breath’ ini memiliki tingkat kepedasan 50x lipat dari cabai rawit kita yaitu sekitar 2,48 juta SHU, sehingga bagi siapa yang nekat mengkonsumsinya, bisa-bisa nyawa jadi taruhannya.

Saking kuatnya kandungan capsaicin pada dragon breath, cabai ini dapat bermanfaat untuk pengobatan di masa depan.

19. Cabai Pepper X


cabai terpedas di indonesia dan di dunia
Cabai Pepper X


Tidak puas dengan pencapaian caroline reaper, akhir tahun kemarin (2019) Ed Currie berhasil membudidayakan tanaman cabai yang lebih pedas daripada caroline reaper, yang ia berinama Pepper X.
Pepper X dihasilkan dari kawin silang (cross breeding) antara beberapa sampel tanaman pedas, Ed currie butuh waktu sepuluh tahun pembudidayaan.

Ed currie menyatakan walaupun berpenampilan ramah, kuning, Pepper X memiliki rasa pedas dua kali lipat dari Caroline reaper saat pertama kali ditemukan (1,59 juta SHU), jadi nilai scoville untuk Pepper X sekitar 3,18 juta SHU.

Itulah beberapa jenis cabe yang cukup populer di Indonesia dan Dunia yang sudah mike rangkum. 
Kalian sudah mencoba cabai jenis yang mana saja?

Sumber: Berbagai macam sumber

Jenis-jenis cabai terpedas
Jenis jenis cabai di dunia
Jenis jenis cabe
Varietas Cabai di dunia

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Cabai Indonesia dan Dunia"