20 + jenis Rempah dan gambarnya

Masakan Nusantara dikenal kaya citarasa. Salah satu alasannya adalah karena masakan nusantara biasanya dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah yang kaya rasa. Ada banyak rempah yang sering digunakan untuk menambah rasa pada masakkan, mulai dari rempah biji hingga rempah daun. 


Budaya dan iklim mempengaruhi jenis rempah yang digunakan dalam setiap masakan nusantara. Karenanya, sebagian mungkin endemik (hanya ditemukan di beberapa wilayah), dan beberapa lainnya bahkan mulai sulit ditemukan. Berbagai jenis rempah tersebut memiliki bentuk dan rasa yang berbeda-beda.

Nah sobat apalagi nih sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri. di hari lebaran biasanya para ibu-ibu di rumah memasak makanan yang spesial untuk keluarga, Supaya Sobat tidak salah ketika mengolahnya, yuk, cari tahu beberapa jenis rempah-rempah Indonesia yang mampu menyedapkan masakan dengan sifat dan rasa khasnya masing-masing..

Berikut contoh penjelasan beberapa rempah yang ada di Nusantara, sebelum baca sampai selesai, yuk simak vidio berikut


Jenis-jenis rempah nusantara


1. Daun salam, membuat citarasa pada masakan lebih menarik

rempah
Daun salam


Rempah-rempah Indonesia yang satu ini termasuk termasuk jenis daun rempah. Biasa juga dikenal dengan bay leaf, salah satu jenis daun yang paling sering digunakan dalam aneka masakan yang dibuat. Banyak yang menolak menggunakan daun salam karena tidak memberikan rasa yang spesifik, tapi disitulah keunggulan daun salam. Daun Salam tidak akan memberikan rasa yang kuat, hanya akan mendukung cita rasa dari masakan itu sendiri. Dengan adanya daun salam, citarasa masakan menjadi lebih menarik dan segar.

2. Jahe memberi sensasi hangat dan sedikit pedas

Jahe Rempah


Jahe biasa dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan dan minuman herbal. Ada dua Jenis jahe yang populer, yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dibanding jahe putih, oleh sebab itu mengeluarkan aroma dan rasa pedas yang juga lebih tinggi. 

3. Kencur, memberi rasa segar pada sayuran bening

Kencur rempah


Rempah-rempah Indonesia yang mampu menyedapkan masakan selanjutnya adalah kencur, atau mungkin banyak yang mengenalnya lewat beras kencur. Rempah yang sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada sayuran berkuah bening seperti contohnya bayam dengan jagung bening.
Bukan hanya itu kencur juga ternyata mengandung banyak manfaat diantaranya dapat mengobati batuk, menghilangkan stress sampai mengobati diare. Karena kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti-bakteri.

4. Kemiri, memiliki rasa gurih yang khas

Kemiri


Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Kemiri memiliki rasa gurih yang khas. Rempah yang disebut sebagai candlenut dalam bahasa Inggris ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kemiri bermanfaat untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri sakit gigi.

5. Kunyit, pemberi warna dan rasanya khas

Kunyit rempah


Rempah-rempah Indonesia yang satu ini dikenal karena warnanya yang khas. Kunyit hadir dengan warna kuning terang dan warnanya sangat menempel jika terkena kulit. Oleh karena itu, tak heran jika kunyit sering dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan. Selain itu, banyak orang juga mengenali kunyit dari rasanya yang khas yaitu sedikit pedas dan pahit. Sangat pas untuk menutupi bau amis atau prengus dari daging kambing dan seafood. Kandungan pada kunyit juga dapat membantu untuk mengatasi perut kembung.

6. Pala, bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh

Pala Rempah


Biasanya buah dari tanaman ini diolah menjadi manisan. Kemudian bijinya sering digunakan untuk menyedapkan rasa masakan. Pala sendiri memiliki ciri khas rasa agak pedas, aroma yang harum dan manis serta mampu memberi efek menghangatkan tubuh. Hanya biji pala yang telah tua dan matang yang bisa menghasilkan aroma dan rasa yang kuat, yaitu yang lonjong, kering serta warnanya cokelat tua.

7. Sereh, sebagai pewangi masakan juga menambah rasa

Lemongrass
Sereh rempah


Sereh atau dikenal juga dengan Lemongrass, ini karena sereh selain dijadikan rempah perasa makanan juga sebagai pemberi rasa citrus selain dari jeruk atau lemon. Serai memberikan aroma sedap dan segar pada masakan, terutama pada berbagai masakan yang membutuhkan banyak bumbu seperti soto, opor, gulai dan kare. Seringkali aroma makanan tidak akan sedap jika tidak diberi serai. Penggunaanya tinggal digeprek dan dimasak bersamaan dengan bumbu masakan.

8. Lengkuas, ekstra rasa gurih pada masakan

Lengkuas


Kalau lihat lengkuas, sering salah diartikan sebagai jahe. Terkadang, sulit sekali membedakan jahe dan lengkuas. Namun lengkuas memiliki ciri khas sendiri yaitu ukuran yang relatif lebih besar dan daging yang berwarna putih dengan serat yang cukup besar pula. Lengkuas biasanya digunakan juga bersamaan dengan jahe untuk menambahkan rasa gurih yang ekstra pada masakan.

9. Bunga Lawang, penyedap yang juga bahan herbal

Bunga Lawang rempah


Bunga lawang atau dikenal dengan istilah star anise adalah rempah yang cukup khas karena bentuknya yang seperti bunga. Memiliki kemampuan untuk menjadi penyedap rasa masakan, Fungsinya mirip dengan kayu manis atau cengkeh, yaitu memberikan aroma harum dan sedap pada makanan.

10. Kayu manis, punya aroma yang sedap


kayu manis rempah


Rempah-rempah Indonesia yang satu ini sering digunakan untuk menambah citarasa pada kue, minuman, dan berbagai jenis masakan lainnya. Kayu manis memiliki aroma khas yang sedap. Dalam bahasa Inggris, kayu manis disebut sebagai cinnamon. Tidak hanya mampu menambah kelezatan pada masakan, kayu manis juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

11. Daun ketumbar, memperindah tampilan masakan

daun ketumbar


Dikenal juga dengan cilantro, daun dari ketumbar ini dikenal karena aroma yang harum dan menambah rasa segar pada masakan terutama makanan berkuah seperti sup atau bakso. Daun ketumbar digunakan sesaat sebelum penyajian makanan agar tetap fresh dan cita rasa tetap kuat.

12. Biji Ketumbar, yang selalu menambah rasa ekstra

Biji ketumbar


Biji ketumbar sekilas terlihat seperti biji lada, namun jangan salah ukurannya sedikit lebih kecil dibanding biji lada. Selain itu biji ketumbar mempunyai wangi yang khas anti pedas tidak seperti lada. Biji ketumbar biasanya digunakan dengan cara di sangrai dan dihancurkan terlebih dahulu, menambah rasa ekstra pada masakan.

13. Cengkeh, rempah timur dengan pedas yang khas


cengkeh


Cengkeh juga merupakan rempah Indonesia khas daerah timur khususnya Maluku. Cengkeh sering digunakan untuk menambah rasa pedas yang wangi dan alami untuk masakan berkuah seperti sup ayam. Cengkeh juga sering digunakan untuk obat herbal yang diminum untuk menghangatkan badan.

14. Kapulaga, rempah untuk aneka masakan


Kapulaga


Kapulaga sering ditemui sebagai rempah yang memberikan wangi dan cita rasa tegas pada hidangan manis seperti kue basah. Kapulaga atau cardamom sering digunakan pecinta kue untuk menambahkan rasa yang khas pada kue. Sekali gigit kue, sudah pasti tau kalau menggunakan kapulaga karena wanginya yang sangat khas.

15. Kemukus memiliki rasa yang kuat

Kemukus rempah


Kemukus dikenal juga dengan sebutan lada berekor. Berasal dari keluarga yang sama dengan merica, biji kemukus juga memiliki tekstur keras dan berwarna putih. Rempah ini banyak ditemukan di Jawa dan Sumatera. Rasanya sangat kuat, dan biasanya digunakan untuk mengurangi aroma anyir atau amis pada masakan. Namun saat ini, kemukus lebih banyak digunakan untuk pengobatan secara herbal.

16. Pulosari cocok sebagi campuran masakan kari

Pulosari


Pulosari adalah rempah lainnya yang berasal dari kulit batang. Tanaman pulosari merupakan tanaman merambat yang ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan pegunungan. Aromanya mirip campuran cengkeh dan kayu manis. Rasanya yang kuat cocok saat digunakan dalam masakan semacam kari. Sedangkan untuk pengobatan, pulosari sering digunakan bersama dengan adas.

17. Kluwek, rempah khas pemberi warna hitam

Kluwek rempah


Kalau dengan kluwek akan identik sekali dengan makanan khas pulau jawa yaitu Rawon. Kuah rawon yang berwarna hitam ini menggunakan kluwek untuk memberikan warna hitam. Namun, kluwek bukan sembarang rempah yang dapat digunakan. Kluwek yang salah diolah malah akan menjadi beracun. Namun, rawon tanpa kluwek bukan rawon namanya.

18. Andaliman

Andaliman Rempah


Andaliman memiliki bentuk bulat bergerombol dan berwarna hijau. Rempah ini sering digunakan dalam  masakan Batak untuk memberikan rasa pedas dengan jejak jeruk nipis. Andaliman memang memiliki sedikit rasa jeruk, karena rempah ini termasuk dalam keluarga citrus. Konon, tanaman andaliman tidak bisa hidup lama di luar kawasan Danau Toba.

19. Kayu secang


Kayu secang rempah


Berasal dari kulit batang tanaman polong-polongan bernama Secang, rempah yang satu ini memberikan warna merah saat diseduh. Beberapa orang juga mengenalnya dengan nama Sepang, Sopang, atau Sema. Tapi, rempah ini mungkin lebih sering didengar di Jawa dibandingkan wilayah lain, karena merupakan bahan wajib untuk berbagai minuman tradisional Jawa, salah satunya wedang uwuh.

20. Rossemary

Rosemari
Rossemary


Rempah yang satu ini memiliki aroma yang harum dengan rasa sedikit pahit dan terdapat rasa sitrus. Biasanya digunakan sebagai penyedap dalam sup. Rosemarry biasa digunakan dengan cara dicincang atau dihancurkan sebelum ditaburkan pada makanan, kemudian dicampur dengan rempah-rempah lainnya yang dipakai untuk bumbu daging.
Hidangan populer yang menggunakan rosemarry adalah domba sum-sum, rosemarry ayam dengan kentang, dan kue rosemarry.


21. Oregano

oregano rempah


Rempah ini biasanya sangat disukai bagi pecinta spageti karena memberikan aroma wangi dan cita rasa yang berbeda. Oregano sendiri, merupakan tanaman yang masih memiliki rumpun yang sama dengan daun mint. Namun, oregano memiliki rasa yang sedikit pahit dan rasa hangat saat dimakan.

22. Biji jinten


biji jinten
Biji jinten rempah


Biji jinten memiliki bentuk yang kasar dengan aroma yang sangat kuat serta biasanya mudah ditemukan dalam masakan India, Maroko, dan masakan Mesir. Jinten memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah flu dan demam, meningkatkan sistem ingatan, dan mendorong reaksi otak serta membantu mengelola ingatan terutama untuk orang lanjut usia.

jadi itulah beberapa jenis rempah yang perlu diketahui oleh sobat dirumah, sebenarnya masih banyak lagi rempah yang biasa digunakan untuk masakan nusantara.
Semoga bermanfaat

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "20 + jenis Rempah dan gambarnya"