Cara Membuat pupuk Kandang kambing, mudah!!

 Hi Sob ...

Kali ini mike akan membahas tentang Pupuk Organik.

Di Indonesia , pupuk organik sudah lama dikenal para petani sebelum diterapkannya revolusi hijau. Setelah revolusi hijau, kebanyakan petani lebih suka menggunakan pupuk buatan atau anorganik karena praktis dalam penggunaannya, jumlahnya jauh lebih sedikit dari pupuk organik, harganya pun relatif murah, dan mudah diperoleh.

Kebanyakan petani sudah sangat tergantung pada pupuk anorganik sehingga dapat berdampak negatif terhadap perkembangan produksi pertanian maupun lingkungan. 

Pengertian Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi mahluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan, dan manusia.

Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik dari pada kadar haranya. 

Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian dan limbah kota (sampah).



Salah Satu Jenis Pupuk Organik (Pupuk Kandang)

Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan ternak. Hewan yang kotorannya sering digunakan untuk pupuk kandang adalah hewan yang dipelihara masyarakat, seperti kambing, sapi, domba dan ayam. 

Selain berbentuk padat, pupuk kandang juga bisa berupa cair yang berasal dari air kencing (urine) hewan. 

Pupuk kandang mengandung unsur hara makro dan mikro. Pupuk kandang padat (makro) banyak mengandung unsur fosfor, nitrogen dan kalium. Unsur hara mikro yang terkandung dalam pupuk kandang di antaranya kalsium, magnesium, belerangnatrium, besi, tembaga, dan molibdenum. 

Pupuk kandang terdiri dari dua bagian yaitu :

1. Pupuk dingin adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan secara perlahan oleh mikroorganisme sehingga tidak menimbulkan panas, contohnya pupuk kotoran sapi, kerbau, dan babi.

2. Pupuk panas adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan mikroorganisme secara cepat sehingga menimbulkan panas contonya pupuk kotoran kambing, kuda dan ayam.

Pupuk kandang bermanfaat untuk menyediakan unsur hara makro dan mikro dan mempunyai daya ikat ion yang tinggi. selain itu, pupuk kandang bisa memperbaiki struktur tanah, sehingga pertumbuhan tanaman bisa optimal. 

Pupuk kandang yang telah siap diaplikasikan memiliki ciri dingin, remah, wujud aslinya tidak nampak, dan baunya telah berkurang. Penggunaan pupuk kandang yang belum matang akan menghambat pertumbuhan tanaman, bahkan bisa mematikan tanaman. 

Cara Membuat Pupuk Organik Kotoran Kambing

Nah Sob, kita juga ada vidio nih tentang pembuatan Pupuk Kandang untuk mempermudah sobat dalam memahami cara pembuatannya...

Vidio pembuatan pupuk kandang


1. Persiapan alat dan bahan

- EM4 

- Kotoran kambing (19 karung ukuran Sekitar 25 Kg jadi ada 500 Kg)

- Urin Kelinci

- Air

- Cangkul

- Gembor

- Plastik/terpal

Optional Sebelum kita membuat campuran bahan tersebut di atas, kotoran kambing harus kita hancurkan terlebih dahulu dengan memakai alat (mesin) atau manual atau dicampur dengan Urea (1%).

Tahapan pembuatan :

1. Siapkan tempat lubang yang jika terkena hujan tempat tersebut tidak tergenang air

2. Lakukan proses pencampuran bahan, agar mudah dan merata bisa dilakukan dengan cara membuat lapisan-lapisan

3. Kemudian siapkan Larutan EM4 dengan melarutkan 5 tutup botol EM4 dan 50 ml urin kelinci kedalam 10 Liter air (Gembor). Kemudian disiramkan pada lapisan kotoran kambing tersebut hingga kadar

air mencapai 40% atau bisa diukur dengan cara diremas dengan tangan, air tidak menetes atau bahan organik tidak pecah saat genggaman tangan di buka.

4. Buat lapisan berikutnya hingga semua bahan habis sambil dicangkul diratakan dan diinjak-Injak

5. Timbunan ditutup rapat dengan Plastik dan bagian pinggir Plastik diberi beban sehingga jika ada angin tidak terbuka dan tidak terkena hujan.

Ada beberapa petani yang melakukan Treatment dengan cara 1 minggu sekali plastik dibuka kemudian diaduk dengan cangkul namun ada juga yang dibiarkan sampai sekitar 4 minggu

6. Diamkan selama 1 minggu. Setelah 1 minggu terpal dibuka dan timbunan diaduk dengan tujuan pemberian airasi pada proses pengomposan. Proses pengomposan yang berhasil akan timbul panas dan dapat dirasakan saat pembongkaran gundukan.

7. Perkirakan setelah 3 minggu kompos sudah bisa dibongkar dan diangin-anginkan supaya menghilangkan bau amoniak dan sudah dapat dipakai.



Penggunaan pupuk kandang yang baik adalah dengan cara dibenamkan sehingga penguapan unsur hara akibat proses kimia dalam tanah dapat dikurangi. 

Penggunaan pupuk kandang yang berbentuk cair paling baik dilakukan setelah tanaman tumbuh, sehingga unsur hara yang terdapat dalam pupuk kandang cair akan cepat diserap oleh tanaman.

Cara aplikasi pada tanaman :

Aplikasi pupuk organik untuk tanaman musiman dapat dilakukan bersamaan saat pengolahan lahan, pemupukan pada tanaman tahunan, sebaiknya dibenam pada bagian ujung perakaran, dan setiap tanaman umumnya memiliki ujung perakaran berada tepat di bawah daun paling ujung dari tanaman tersebut. Semakin banyak pupuk organik diberikan semakin meningkat kesuburan tanah.

Pupuk kandang kambing memiliki kandungan hara 0.70% N, 0.40% P2O5, 0.25% K2O, C/N 20-25, dan bahan organik 31%.


Nah untuk Penjelasan pembuatan pupuk kandang kambing seperti itu sob, nantikan pembuatan pupuk organik yang lainnya yah

Selamat mencoba...

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Cara Membuat pupuk Kandang kambing, mudah!!"