21 Jenis-Jenis Calathea, gambarnya, dan penjelasannya

Hai Sobat Langit..

Salah satu tanaman hias yang banyak dicari dan menjadi favorit kebanyakkan orang salahsatunya adalah Calathea.

Akibat dari banyaknya orang yang mencari tanaman cantik tersebut, tidak heran jika harganya melonjak tajam beberapa bulan lalu.

Di daerah asalnya, yakni Amerika Selatan, daun Calathea banyak dijadikan kerajinan tangan seperti anyaman dan pembungkus makanan. Selain itu Calathea dengan daun yang indah dikembangbiakkan menjadi tanaman hias.

Umumnya, harga tanaman hias Calathea berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.

Namun, belakangan ini harga Calathea melonjak berdasarkan jumlah dan besar daun.

Tanaman Calathea sendiri merupakan genus tanaman dari famili Marantaceae dan Terdapat ratusan spesies. Nah Kali ini mike akan menyajikan sebagian dari jenis Calathea yang sering diburu oleh kalangan pecinta tanaman hias nih sob. Simak sampai selesai yah

Untuk mempermudah penjelasan, mike ada vidio nih sob tentang jenis-jenis calathea


Jenis-Jenis Calathea || spesies Calathea

Calathea dan gambarnya

1. Calathea louisae



Jenis tanaman calathea ini merupakan tanaman asli Brasil yang mulai dibudidayakan di berbagai negara di dunia.

Calathea louisae dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 80 cm, dengan daun memanjang hingga ukuran 22 cm dan lebar 10 cm.

Hal yang membuatnya banyak disukai orang adalah warna daunnya yang hijau muda dilengkapi dengan garis-garis hijau tua dari batang hingga ke ujung daun.

2. Calathea ornata

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini terkenal akan daunnya yang lebar dan motif daunnya yang unik.
Kini tanaman ini mulai tumbuh di beberapa negara tropis seperti Thailand dan Indonesia.

Daun hijau tua menjadi warna dasar dan tampak seperti garis-garis berbulu hijau muda, putih, atau merah jambu.

Bagian bawah daun memiliki warna keunguan. Seiring bertambahnya usia tanaman, bahkan varietas bergaris merah muda cenderung memudar menjadi garis putih yang masih cukup menarik.

3. Calathea flamestar

Calathea flamestar memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis-garis seperti sapuan kuas. Terdapat pula garis-garis halus yang membingkai daunnya.

4. Calathea crimson

Calathea crimson sendiri memiliki daun berwarna ungu muda hingga ungu pekat. Corak garis pada daun Calathea crimson menciptakan gradasi warna yang indah.

5. Calathea orbifolia



Calathea orbifolio merupakan salah satu spesies tanaman calathea yang tumbuh asli di Bolivia. Calathea orbifolia memiliki daun yang lebih melebar dan melengkung. Corak garis-garis pun seolah seperti warna silver.  
Berbentuk lonjong, dengan kombinasi garis-garis hijau dan perak-keputihan yang fantastis. 

Di mana calathea orbifolia menyimpang dari calatheas lain dalam ukurannya. Spesimen dewasa dapat memiliki daun dengan lebar antara 15- 35 cm, dan tumbuh setinggi beberapa kaki di luar ruangan.
Di dalam ruangan ukurannya cenderung lebih kecil, tetapi daunnya masih jauh lebih lebar daripada spesimen calathea lainnya.

6. Calathea contravenestra

Calathea contravenestra memiliki ciri khas gradasi warna hijau yang lebih banyak, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua.

7. Calathea roseopicta/Medallion

Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan bermotif unik dengan warna hijau tua, hijau muda, dan kuning. Tanaman yang menggemaskan ini dikenal dengan banyak nama berbeda, seperti Calathea, Corona, Dottie, Medallion, Rosey.

Calathea medallion punya bentuk daun yang melebar seperti kipas. Corak garis-garis pada Calathea medallion juga mengikuti lekuk daun dengan gradasi warna yang cantik
Berasal dri Brasil. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu anggota keluarga Calathea yang paling indah. 

Memiliki daun bulat besar yang berwarna hijau tua di atas, dan warna merah disebaliknya. Permukaan daun bagian atas seperti di cat dengan garis-garis krem atau merah muda di sepanjang urat dan perut, disertai dengan tepi berbulu. Menakjubkan, bukan?

Batangnya sendiri bisa memiliki warna ungu atau merah muda, dan terkadang warna itu akan terbawa ke pita daun muda. Saat daun matang, warna yang lebih terang cenderung berubah menjadi putih, di mana hijau tua tetap dalam dan cerah.

Calathea ini dapat menghasilkan bunga kecil berwarna putih atau keunguan selama bulan-bulan musim panas. Bunganya sendiri tidak terlalu mencolok seperti daunnya, tetapi membantu dalam produksi benih!

8. Calathea lancifolia


Tanaman ini adalah jenis tanaman hias asli Brasil yang biasanya hidup di area dengan cuaca dingin. Tanaman ini juga ada di beberapa bagian California, Florida, dan Hawaii.
Ukuran Calathe Lancifolia yang mencapai 60 hingga 75 cm membuat tanaman ini termasuk tanaman hias yang berukuran besar. Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman ular karena bentuk daunnya yang memanjang dan motifnya yang menyerupai ular.

Tanaman yang tampak menakjubkan ini memiliki daun hijau kekuningan pucat yang ramping dengan bercak hijau tua yang indah dan bagian bawah ungu. 

Bagian atas daun berwarna hijau, dengan tepi lebih gelap dan bintik oval. Di bawahnya, warna daun cenderung merah marun atau ungu kemerahan. 

9. Calathea warscewiczii/Jungle Velvet


Calathea warscewiczii adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di Costa Rica dan Nicaragua.
Tanaman ini dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter dengan daun berwarna hijau, ungu, kuning, bahkan merah muda.

Calathea Warscewiczii, menampilkan daun berpola dan berbentuk kerucut putih yang memudar menjadi kuning atau merah muda, dengan bagian bawah ungu. 

10. Calathea veitchiana

Calathea veitchiana adalah tanaman asli Ekuador yang dapat tumbuh di daerah yang lembap.
Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seorang pecinta tanaman asal Inggris, Richard Pearce pada tahun 1862. 

Daun calathea ini menghadirkan warna keunguan di bagian atas daun, dipadukan dengan warna standar terang dan hijau tua. Pita ungu adalah bagian besar dari tampilan calathea yang sulit ditemukan ini.


11. Calathea Makoyana



Bagian atas daun ditandai berwarna ungu tua memiliki tangkai daun yang sangat tipis.
tumbuhan ini memiliki batang berwarna merah jambu. Di atas batang tersebut terdapat daun berwarna krem dengan oval hijau tua seperti mata pada ekor burung merak atau jendela pada bangunan tua.

12. Calathea zebrina

Calathea Zebrina juga memiliki warna ungu di bawah daunnya. Bercak hijau tua dengan warna daun hijau keperakan yang terang.
 Zebrina memiliki garis-garis seperti zebra, Calathea zebrina memiliki garis yang jauh lebih lebar dan khas dengan latar belakang yang lebih terang.

13. Calathea Leitzei

Juga dikenal sebagai Calathea White Fusion, memiliki daun yang terlihat seperti sapuan kuas - putih, ungu, dan hijau. Bagian bawahnya juga berwarna ungu, menjadikannya varietas Calathea yang sangat dekoratif.

14. Calathea Crocata


Bisa dibilang yang ini salah satu Calathea termuda yang diterima sebagai tanaman hias.

Ia juga dikenal sebagai Tasmania Bloom, karena dihiasi dengan bunga kuning yang mempesona. Bahkan bisa bertahan sekitar dua hingga tiga bulan, asalkan kondisinya stabil.

15. Calathea Rufibarba

Mungkin tidak berpola seperti mayoritas Calatheas lainnya, tetapi yang pasti tidak kalah menarik nih.

Bagian atas daun tipis khas berwarna hijau, sedangkan di bawah berwarna ungu tua. Seperti semua anggota keluarga, Calathea Rufibarba tidak berbahaya bagi hewan peliharaan dan anak-anak.

16. Calathea Musaica



Dibandingkan dengan Calathea lainnya, dapat dikatakan bahwa tipe ini terlihat relatif biasa, tetapi itu hanya jika kita tidak melihatnya lebih dekat.

Saatdilihat dari dekat, akan terlihat struktur seperti mosaik yang menakjubkan di seluruh daun, itulah yang membuat Calathea Musaica sangat berbeda. Dan juga langka.

17. Calathea Picturata

Pewarnaan tanaman yang menarik ini menunjukkan banyaknya daun yang bertumpuk satu sama lain. Pada sebagian besar varietas, daunnya berwarna hijau keperakan, dengan pinggiran hijau tua.
Bagian bawah daun akan mencerminkan pola mereka dalam warna ungu tua dan merah muda cerah.

18. Calathea Lutea


Calathea lutea memiliki daun yang panjang dan berbentuk dayung. 
Daun Calathea lutea sangat besar, terkadang panjangnya mencapai satu meter. Zat lilin alami terbentuk di bagian bawah daun untuk melindunginya dari panas. Ini membuatnya sempurna sebagai daun yang biasa digunakan untuk membungkus.

Bunganya berwarna coklat kemerahan yang terlihat seperti cerutu. 

19. Calathea Black Lipstick

Calathea black lipstick merupakan keluarga Marantaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, dikutip dari berbagai sumber, tanaman hias calathea jenis ini merupakan varietas baru yang berasal dari Papua. 

Warna daunnya khas yaitu berwarna hijau gelap keunguan. Bila diperhatikan secara seksama, daunnya seolah dilukis tangan dengan motif seperti pakaian dengan corak bergaris warna merah muda.
Warnanya yang gelap dapat memancarkan kesan elegan yang kuat sehingga akan berpengaruh pada karakter ruangan yang dibangun.

20. Calathea Lubbersiana

Hiasan hijau yang menakjubkan, dengan daun hijau mengkilap gelap dan percikan warna kuning krem beraneka ragam di seluruh daunnya yang berbentuk lonjong panjang tampak menarik.

21. Calathea Levenero

Tanaman hias calathea levonero memiliki ciri khas daun yg terlihat seperti bolong padahal sebenernya tidak, karna keunikan nya cukup banyak yg berminat untuk memilikinya.

Itulah tadi tentang beberapa jenis tanaman Calathea.

Wah gimana nih sob, cukup tertarik untuk memiliki tanaman Calathea?


Sumber: Berbagai sumber
Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "21 Jenis-Jenis Calathea, gambarnya, dan penjelasannya"