Pare Pahit? Begini caranya agar tidak pahit

    Pare terkenal dengan ciri khas rasanya yang pahit sehingga membuat banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya. Tapi tenang aja Sobat, Mike punya tips dan trik untuk mengolah pare menjadi makanan yang lezat dan tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi. 
Yuk simak Tips dan Triknya..

Solusi mengolah pare
Tips dan trik pare tidak pahit. (dok.sajian sedap)

Penyebab Pare Berasa Pahit

    Sebelum menuju ke Tips dan Trik, Taukah Sobat penyebab Pare berasa pahit? 
Rasa pahit pada pare disebabkan karena kandungan zat Quinine. Menurut pakar gizi Jansen Ongko, M.Sc, RD, Quinine merupakan golongan alkaloid yang bersifat anti peretik (penawar panas), anti malaria dan juga analgesik (penawar sakit) alami. Selain itu pare juga mengandung zat sejenis glikosida yang disebut momordicin dan charantin yang biasanya digunakan untuk menurunkan gula dalam tubuh.

Tips dan Trik memasak pare agar tidak terlalu pahit

Untuk mengurangi rasa pahit pare bisa dilakukan dengan beragam cara, diantaranya:
1. Pencucian Air garam. 
    Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya. Potong-potong pare menjadi irisan tipis. Tambahkan 2 sendok makan garam dapur untuk 500 g potongan pare. Remas perlahan selama 1 menit. Kemudian Diamkan pare selama 10 menit. Setelah itu, Bilas pare dengan air bersih dan pare siap dimasak.

2. Pencucian dengan air gula
    Belah 2 - 3 pare menjadi dua bagian, buang bijinya lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan gula kira-kira 5 sdm atau secukupnya. Campur potongan pare dengan gula pasir lalu remas-remas pare hingga sebagian besar air pada pare keluar. Jika sudah, cuci pare dengan air bersih lalu peras lagi. Pare sudah siap untuk dimasak tumis bersama ikan asin ataupun telur.

3. Menggunakan Daun Jambu Biji. 
    Merebus potongan pare dengan daun jambu biji juga dapat mengurangi rasa pahit pare. Caranya, 500 g pare, buang bijinya dan iris tipis. Remas daun jambu sebelum digunakan. Rebus pare di dalam air mendidih dengan 7 lembar daun jambu biji. Angkat, tiriskan. Pare siap diolah sesuai kebutuhan resep.

4. Lempengan Tanah Liat
    Memasak pare dengan tanah liat yang dikeringkan sangat efektif mengilangkan rasa pahit. Tanah liat yang dikeringkan banyak dijual di pasar tradisional, biasanya orang menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Caranya panaskan air, masukkan potongan pare dengan lempengan tanah liat. Rebus hingga mendidih. Angkat dan tiriskan. Pare siap diolah.

5. Rebus dengan cuka, garam, dan gula
    Pickle alias merebus pare seperti acar juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa pahit. Caranya siapkan secangkir cuka putih dan air, kemudian tuangi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih. Kemudian rebus selama 2 menit saja.Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir. Dinginkan pare, kemudian olah sesuai selera

6. Perkaya Bumbu Masak. 
    Mengolah pare dengan paduan bumbu pedas, asin dan manis, seperti diolah menjadi sambal goreng pare membuat cita rasa pahit pare bisa dikurangi.

Makanan yang beresiko menjadi Racun ketika dihidangkan bersama Pare

    Pare ketika diolah dan dipadukan dengan berbagai bahan lainnya dapat menambah cita rasa, namun ternyata ada beberapa makanan yang ketika dihidangkan bersama pare malah berbahaya bahkan ada yang berpotensi menjadi racun loh sobat. Dikutip dari media Nikita.grid, berikut adalah daftar makanan tersebut:

pare dan udang berbahaya
Pare dan udang beresiko (dok.pixabay)

1. Udang
    Sebagian besar sobat pasti sering melihat masakan pare yang diolah dengan udang, namun ternyata harus hati-hati nih sobat ketika menggabungkan kedua makanan tersebut. Pare yang memiliki rasa pahit juga mengandung Vitamin C yang tinggi. Sedangkan udang mengandung arsenik pentoxide atau arsenik kemoterapi-5 yang akan berubah menjadi valensi arsenik-3 (Arsenik Trioksida) ketika bertemu dengan vitamin C, dimana arsenik adalah zat racun yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Minum Teh
    Jika sobat telah mengkonsumsi pare ada baiknya untuk menunggu beberapa saat ketika akan minum teh, menurut penelitian saat mengkonsumsi dua bahan tersebut secara bersamaan dapat beresiko sakit perut loh.

3. Manggis
    Khasiat buah manggis memang sudah tak diragukan lagi bukan? meski kedua makanan tersebut sama-sama sehat, mengkonsumsi manggis dan pare dalam kurun waktu yang berdekatan tidak disarankan. Sebab menurut penelitian memakan kedua bahan tersebut secara bersamaan akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman, serta sistem pencernaan akan terganggu.


Semoga bermanfaat sobat..





Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Pare Pahit? Begini caranya agar tidak pahit"