Aglonema: Tips dan Cara Merawatnya

    Sobat Bagaimana cara merawat Aglaonema yang baik? Untuk menjadikan tanaman Aglaonema yang indah dan cantik. Meskipun tanaman ini memiliki karakteristik yang mudah tumbuh, namun untuk memaksimalkan proses perkembangan dan pertumbuhannya, Sobat tetap memerlukan segudang tips yang wajib dilakoni. 

Oleh sebab itu Sobat yang sedang budidaya tanaman Aglonema apalagi yang pecinta tanaman Aglaonema harus memperhatikan apa yang diperlukan untuk tumbuh kembang si ratu daun ini, yaitu teknik cara merawat Aglaonema yang baik. Berikut Mike sajikan Cara Merawat Aglaonema.

Aglonema
merawat aglonema

Cara merawat Aglaonema

Cara-cara ini setidaknya sangat berguna bagi pelaku budidaya tanaman hias aglonema agar hasil budidayanya tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan nilai daya jual yang tinggi 

1. Jauhkan Paparan Sinar Matahari Langsung

    Aglaonema memang tergolong tanaman hias tidak manja, kendati demikian tanaman ini ternyata akan tumbuh lebih baik jika tidak secara langsung kontak dengan matahari.
Sinar matahari yang cukup adalah kata kunci keberhasilan menanam tanaman hias aglonema. Pasalnya, kontak matahari secara langsung dapat membuat warna daun berubah menjadi kuning dan layu.
Varietas aglonema yang beragam juga memiliki karakteristik tingkat kepekaannya terhadap sinar matahari. Ada yang suka tumbuh di tempat remang-remang seperti Aglaonema nitidum, ada pula yang suka hidup di tempat terang untuk memaksimalkan warna daunnya, seperti Aglaonema Suzy.

2. Hindari Suhu Rendah atau Dingin

    Melansir Plant Care Today, tanaman ini hanya memiliki toleransi rendah terhadap suhu yang dingin. Tanaman ini tidak menyukai tumbuh dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius.
Oleh sebab itu, selalu usahakan untuk memberikannya kenyamanan dan kelembapan udara yang baik meskipun Aglonema ditanam dan ditempatkan di dalam ruangan.

3. Jangan Terlalu Sering Disiram

    Tanaman yang satu ini memang sangat gampang tumbuh, sehingga tak perlu repot dengan masalah asupan air. Pemilik harus memastikan ketersediaan nutrisi dan airnya cukup selama musim kering, dengan menyiram Aglaonema dua hingga tiga kali dalam sepekan.
Namun jika musim penghujan atau musim dingin tiba. Pemilik harus mengurangi asupan air, dengan hanya menyiram air satu hingga dua kali saja dalam sepekan.
Selain itu, gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman dan basahi daunnya untuk memandikannya dari debu kotor hingga bakteri.

4. Atur Kelembapan Tanaman

    Aglonema juga membutuhkan perhatian pada kelembapan udara sekitarnya. Terlalu kering akan menjadikannya tak segar, namun terlalu basah malah akan menjadikan akarnya busuk.
Oleh sebab itu, akali dengan memberikan kerikil di permukaan tanahnya. Kemudian siram secara teratur dan berikan sirkulasi udara pada tanaman melalui lubang pada pot atau wadah tanam aglonema.

5. Beri Pupuk

    Pupuk tak cuma penting untuk tanaman buah, tapi juga tanaman hias seperti aglonema. Pastikan asupan vitaminnya selalu tercukupi dengan rajin memberi pupuk. Pupuk alami seperti pupuk kompos juga semakin menyuburkan tanaman yang satu ini.
Kendati demikian, hindari pemberian pupuk yang berlebih, sebab dapat mengganggu salah satu proses perkembangbiakannya.

6. Gunakan Tanah Organik

    Tanah organik sangat disarankan untuk menjadi media tanam aglonema. Tanah yang berasal dari sisa tumbuhan, hewan, dan manusia baik yang telah mengalami dekomposisi lanjut maupun yang sedang mengalami proses dekomposisi dapat membuat tanaman cepat tumbuh subur dan sehat.
Selain itu, lakukan pengecekan rutin terhadap kualitas tanah. Apabila kondisi tanah telah menggumpal, kering atau terlalu basah, maka ganti dengan tanah yang baru.

7. Musnahkan Hama secara Rutin

    Pemilik harus memastikan kondisi daun dan batang bebas dari hama-hama yang dapat mengganggu dan merusak pertumbuhan aglonema. Beberapa di antaranya seperti laba-laba, kutu, tungau, hingga ulat bulu.
Semprotkan sedikit pestisida nabati untuk mengusir makhluk kecil yang dapat membuat aglaonema layu bahkan mati. 

8. Penempatan Tanaman Aglaonema

    Tempatkan tanaman his ini di tempat yang teduh, namun harus tetap terkena sinar matahri. Pada hakikatnya tnaman Aglonema tidak sesui dengan penyinarn matahari/terpapar secara langsung. Sobat dapat menaruh tanaman ini pada teras atau tempat lain dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.


9.Perawatan Daun Aglaonema

    Keindahan tanaman hias Aglaonema ialah di bagian daunnya. Jika daun Aglaonema yang bersih, indah dan mengkilap kian menambah pesonanya. Sebab itu salah satu cara merawat tanaman hias aglaonema ialah membuat daunnya mengkilap.
Untuk mengkilapkan daun tanaman Aglaonema kita dapat memakai beberapa bahan yaitu air, susu dan ampas kelapa. Cara memakai bahan-bahan tersebut untuk merawat daun Aglaonema supaya mengkilap yaitu dengan mengelapkannya air ke daun Aglaonema.
Spon yang amat halus dibasahi dengan air sumur bersih kemudian dilapkan di bagian daun. nah cara ini adalah cara sangat sederhana merawat daun tanaman Aglaonema.
Air susu juga bermanfaat untuk merawat daun tanaman hias Aglaonema. Cairan susu mempunyai fungsi sebagai pupuk daun. Susu yang dipakai ialah susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air atau susu cair juga bisa digunakan.

Tetapi selain bermanfaat dalam merawat tanaman Aglaonema susu juga mempunyai risiko mengundang bakteri perusak tanaman. Jadi jika anda menggunakan susu, pastikan juga menggunakan pestisida Nabati untuk menyemprotnya.
Ampas kelapa juga berguna untuk membuat daun Aglaonema mengkilap, sehingga dapat dipakai untuk merawat tanaman Aglaonema. Dengan memakai ampas kelapa maka daun akan mengkilap.
Cara memakai ampas kelapa untuk merawat tanaman hias aglaonema ialah ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun memakai kain bersih, maka akan berdih dan mengkilap 


Jadi gitu sobat.. Yuk rajin-rajin merawat si ratu tanaman hias ini..

Sumber: 
CNN
Cybex.Pertanian


Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Aglonema: Tips dan Cara Merawatnya"