Cara membuat Kulit bawang untuk Pestisida Nabati, Pupuk Organik Cair, dan ZPT

Hai SObat langit, 
kali ini saya akan membuat 1 Ramuan yang memiliki 3 khasiat sekaligus.
Kalau biasanya limbah kulit bawang hanya kita buang, tapi kali ini saya akan mencoba memanfaatkannya. Karena ternyata didalam kulit bawang mengandung banyak zat yang berguna bagi tanaman. Apa sajakah itu?

Yang pertama, kulit bawang kaya akan mineral (ada kalsium, ada magnesium, ada fosfor, ada zink, zat besi. Kulit bawang juga mengandung hormon auksin dan giberelin yaitu hormon yang bisa memacu pertumbuhan tanaman.

selain itu, Kulit bawang mengandung senyawa flavonoid, saponin dan acetogenin. berfungsi sebagai pencegah hama jadi dapat merusak sistem pencernaan serangga, dalam kadar banyak menyebabkan serangga jadi penolak makan. tapi kalau kadar banyak dapat meracuni serangga. 

selain itu, menurut literatur juga ada yang mengatakan kulit bawang merah juga mengandung senyawa squamosin. Kandungan squamosin mampu menghambat transport elektron pada sistem respirasi sel hama serangga, yang menyebabkan hama serangga tidak dapat menerima nutrisi makanan yang dibutuhkan oleh tubuhnya. 

Sehingga, walaupun hama serangga memakan daun yang telah tercemar oleh zat squamosin, hama serangga sama saja seperti tidak memakan apapun, karena nutrisi yang terkandung dalam daun yang dimakan hama serangga tidak dapat tersalurkan  keseluruh tubuhnya. Akhirnya, hama serangga akan mati secara perlahan.

Berikut penjelasan dan cara membuat Ramuannya sob, mike sajikan dalam bentuk vidio agar lebih memudahkan: 
Cara membuat Pestisida Nabati dari kulit bawang (Pesnab, ZPT, POC)


langkah pembuatannya, kulit bawang hasil kupasan dikumpulkan. kemudian masukkan kedalam botol , dan air dimasukan. untuk ukuran perbandingannya bebas saja bisa yang penting terlihat agak penuh ya sob, tapi kalo sobat ingin menimbangnya biasanya menggunakan takaran 100 gram kulit bawng dan 500 ml air. kemudian didiamkan selama1-2 hari.

Cara membuat

Kulit bawang yang digunakan bisa kulit bawang putih, kulit bawang merah, kulit bawang bombay, bebas.. Sebenarnya yang memiliki konsentrasi zat dan senyawa lebih banyak itu pada bagian umbinya, tapi karena umbinya biasanya kan kita gunakan untuk memasak, nah kalau temen-temen ingin membuat pesnabnya dari umbinya juga bisa, oh iya saya juga udah pernah membuat artikel tentang cara pembuatan pestisida dan aplikasinya dengan menggunakan bahan umbi bawang putih.

Setelah larutannya jadi, kita bisa aplikaskan ke tanaman.


1. Sebagai pestisida Nabati serangga dan ulat. 

dalam pengaplikasian ke daun disemprotkan.  saat penyemprotan dilakukan pada sore hari atau pagi hari saat matahari tidak terik, sehingga saat matahari terik cairan yang menempel didaun ini sudah mengering. pengaplikasian penyemprotan kedaun saat matahari sedang terik itu bisa menyebabkan daun terbakar. pestisida disaring. kemudian masukan ke dalam spray dan siap untuk di semprotkan. Disemprot smpai merata dan daunnya basah kuyup. 

2. Bisa digunakan sebagai zpt karena mengandung hormon auksin dan giberelin . 

ZPT juga bisa menggunakan air rendaman bawang nya. Cara menggunakannya bisa untuk tanaman yang akan kita stek, dengan merendam batang atau daun yang akan kita stek di dalam larutan rendaman kulit bawang tadi selama 5-10 menit, setelah itu baru dilakukan stek.

3. Digunakan untuk POC, 

dengan cara dituang dan dilarutkan dengan air jika memang dirasa sudah tidak terlalu pekat, setelah itu kita menyiramkannya ke media tanam, jangan menyiram ke bagian daunnya ya sob, karena tujuan kita memberi POC ini memang ke bagian akarnya. Zat dan senyawa yang terdapat pada kulit bawang merah dapat memberikan kesuburan bagi tanaman sehingga dapat mempercepat tumbuhnya buah dan bunga pada tanaman.

Larutan rendaman bawang merah ini juga selain bisa digunakan untuk mengendalikan serangga dan ulat juga mengendalikan jamur. Penyimpanan larutan ini kalau bisa cukup 3 sampai 4 hari aja ya sob karena kalau terlalu lama disimpan biasanya bau akan berubah menjadi agak busuk karena tumbuhnya mikroorganisme.

Oke sobat, jadi seperti itu ya dari saya tentang kegunan air rendaman kulit bawang. Sobat juga bisa sharing dengan cara komen dikolom komentar. semoga bermanfaat dan selamat mencoba ...

Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Cara membuat Kulit bawang untuk Pestisida Nabati, Pupuk Organik Cair, dan ZPT"