Pupuk Kalsium Organik untuk Tanaman dari Cangkang Telur

Hai Sobat Langit!! Cangkang telur, siapa sih yang masih sering dibuang? sayang sekali kalau sering kita buang begitu saja padahal manfaatnya banyak loh sob untuk tanaman...

Berikut mike rangkumin beberapa manfaatnya buat tanaman dikebun kita, namun sebelumnya mike akan menjelaskan tentang kandungannya nih.. simak sampai selesai ya artikelnya :)

KANDUNGAN CANGKANG TELUR 

Siapa sangka cangkang telur yang merupakan limbah dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tanaman dan meningkatkan kesehatan tanah? Dalam penelitian Ori (2011), cangkang telur mengandung 98,2% kalsium karbonat, 0,9% magnesium, dan 0,9% fosfor. Membran cangkang terdiri dari 69,2% protein, 2,7% lemak, 1,5% air, dan 27,2% abu. 

FUNGSI CANGKANG TELUR/KULIT TELUR UNTUK TANAMAN

Vidio Fungsi Cangkang Telur dan cara membuatnya untuk Pupuk Tanaman 

1. Sebagai wadah semai

Cangkang telur yang telah dibuang dapat kita manfaatkan sebagai wadah media semai. Cangkang telur memungkinkan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan proses perkecambahan dan juga proses pertumbuhan tanaman. 

Selain itu, dengan menggunakan cangkang telur, juga memudahkan pemindahan ke lahan. Kita dapat memindahkan tanaman yang disemai pada cangkang telur dengan sedikit meremukan cangkang telur tersebut kemudian dimasukkan ke lubang tanam.

2. Sebagai pupuk Organik 

Karena kandungan kalsium pada cangkang telur sekitar 90%, maka sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Tanaman yang kekurangan kalsium biasanya akan tumbuh kerdil, bunga mudah gugur, gagal berbuah, serta mudah terserang hama seperti lalat buah.

Untuk mengaplikasikannya, cangkang telur tersebut dapat dihaluskan kemudian langsung diberikan ke media tanam atau dengan mencampurkannya pada proses pembuatan pupuk organik. Cangkang telur dapat terdekomposisi dan mampu diserap oleh tanaman dalam beberapa minggu.

3. Sebagai pengganti kapur dolomit

Fungsi dari pemberian kapur dolomit adalah meningkatkan tingkat keasaman tanah menuju pH netral. Tanah dengan pH yang asam dapat mempengaruhi ketersediaan unsur hara dalam tanah dan juga mengganggu aktivitas mikroorganisme dalam tanah.

Tanah yang asam dapat mengikat unsur hara seperti halnya unsur Fosfor (P) yang diikat kuat oleh aluminium (Al) dan Besi (Fe) sehingga tidak dapat diserap oleh tanaman. Penambahan kapur dolomit dapat menaikan pH tanah karena kapur dolomit mengandung unsur Kalsium (Ca) sehingga terjadi reaksi kimia yang merupakan pertukaran ion-ion di dalam koloid tanah dan mampu meningkatkan pH tanah.

Karena cangkang telur mengandung sekitar 90% kalsium, maka dapat digunakan sebagai pengganti kapur dolomit. Akan tetapi, untuk penggunaan lahan yang luas, kita harus mengumpulkan sekitar 2 ton/ha cangkang telur. Penggunaan cangkang telur sebagai pengganti kapur dolomit akan efektif pada tanaman dengan lahan sedikit atau media tanam pada polybag.

4. sebagai pengendali hama

Siapa sangka cangkang telur dapat kita gunakan untuk mengendalikan hama tanaman? Cangkang telur yang kita buang dan merupakan sampah dapat kita manfaatkan sebagai pestisida nabati. Kandungan cangkang telur yang kaya akan kalsium dapat mengendalikan hama tanaman seperti siput, hama putih, kutu, dan kumbang.

Hama yang terkena serbuk cangkang telur akan menggeliat, berbalik, dan kemudian mati. Pengaplikasikannya sangat mudah. Kita cukup mengubah cangkang telur tersebut ke dalam bentuk serbuk kemudian ditaburkan secara langsung kepada hama sasaran. Kita juga dapat menaburkannya pada bagian tanaman yang telah rusak dan juga pada media tanam untuk mencegah hama tersebut merusak tanaman.

CARA MEMBUAT CANGKANG TELUR UNTUK PUPUK TANAMAN SIMPEL

Sebenarnya dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi dapat diubah menjadi pupuk organik cair namun juga bisa menjadi pupuk padat. Untuk fungsi dan cara pemanfaatannya yang lain mike akan membuatkannya dividio berikutnya dan artikel berikutnya, khusus kali ini mike akan berbagi tutorial cara pemanfaatan cangkang telur sebagai pupuk dengan cara yang simpel, untuk mempermudah pemahaman sobat bisa menonton vidio tutorialnya, Vidionya ada diatas tadi yaaa... :)

Berikut cara membuat cangkang telur untuk pupuk tanaman: 
1. Cangkang telur dibersihkan dicuci dan dikeringkan dibawah sinar matahari 
2. Setelah kering cangkang telur dihancurkan dan dihaluskan
3. Cangkang telur dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan

Cara Aplikasi: Pengaplikasian cangkang telur sebagai pupuk padat harus memperhatikan jenis tanamannya, ketika kita mengaplikasikan untuk tanaman buah atau bunga berbeda takarannya dengan kita mengaplikasikannya ketanaman sayur. 

Untuk tanaman sayur, Sebagai anjuran pengaplikasian cangkang telur ini sebenarnya bisa dilakukan saat pembuatan media tanam dengan cara mencampurkannya, atau diaplikasikan saat tanaman berumur 10 hari setelah pindah tanam, namun dapat juga diaplikasikan sesuai kebutuhan. Penyerapan tanaman terhadap kandungan unsur hara dari cangkang telur ini membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan jika kita menjadikan cangkang telur ini sebagai pupuk organik cair. 

Nah sekarang mike mencoba mengaplikasikannya pada tanaman sayur mike yang sudah mulai memasuki fase generatif. 

Jadi, seperti itu sob manfaat dan cara aplikasi pupuk organik dari cangkang telur. Next Time mike akan buatkan cara pemanfaatan cangkang telur lainnya ya baik sebagai POC, pestisida nabati, maupun tempat semai. 

Semoga bermanfaat 

Sumber : berbagai sumber


Tags: Cangkang telur, kulit telur, pupuk cangkang telur, cara membuat pupuk cangkang telur, cara aplikasi pupuk cangkang telur, pupuk kalsium organik.



Kebon Langit
Kebon Langit Berbagi ilmu dan informasi bermanfaat seputar pertanian

Posting Komentar untuk "Pupuk Kalsium Organik untuk Tanaman dari Cangkang Telur "